Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKV Kalbis Institute dan Shinta VR Rancang Kampus Metaverse

Kompas.com - 15/02/2023, 15:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program studi (prodi) Desain Komukasi Visual (DKV) Kalbis Institute bekerja sama dengan Shinta VR merancang "Kampus Imersif dan Virtual" di Metaverse. Kalbis Institute berharap melalui kolaborasi ini dapat menjadi pelopor kampus masuk ke dunia metaverse.

Kolaborasi ini juga diharapkan mampu menjangkau masyarakat lebih luas untuk pemerataan kualitas pendidikan tinggi serta menjadi prototipe bagi universitas lainnya memasuki dunia metaverse. 

Kolaborasi penelitian Kalbis Institute dan Shinta VR diajukan melalui pendanaan Matching Fund Kedaireka sebagai salah satu implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Kami bersama Shinta VR, salah satu mitra strategis kami tentunya berharap hasil dari penelitian ini dapat menjadi tonggak awal virtualisasi bagi universitas yang ada di Indonesia," ungkap Raymond Christantyo, Head of Branding and Communication Kalbis Institute melalui rilis resmi (15/2/2023).

"Karena seperti yang kita ketahui dunia metaverse akan mejadi dunia baru kedepannya dan Kampus harus menjadi yang terdepan untuk mempersiapkan segalanya,” tambah Raymond. 

Lebih jauh, Raymond menyampaikan, penelitian ini merupakan salah satu implementasi dari visi misi Kalbis Institute untuk menjadi perguruan tinggi unggul, tidak hanya di level nasional namun juga menuju ke international.

"Kolaborasi ini tidak hanya melibatkan para dosen DKV Kalbis Institute dan Shinta VR namun juga melibatkan mahasiswa DKV untuk merasakan langsung dalam menggarap projek khususnya dalam membangun interaksi objek kampus yang akan di virtualkan," jelas Raymond.

Prodi DKV Kalbis Institute bekerja sama dengan Shinta VR membuat Kampus Imersif dan Virtual di Metaverse.DOK. KALBIS INSTITUTE Prodi DKV Kalbis Institute bekerja sama dengan Shinta VR membuat Kampus Imersif dan Virtual di Metaverse.

Ia menyampaikan, kolaborasi ini rencananya akan berjalan selama tiga tahun sejak Juni 2022 dan akan dipamerkan pada tahun 2025.

Dalam kesempatan sama, Ketua Prodi DKV Kalbis Institute. Betha Almanfaluthi mengatakan, dengan menggandeng mitra perusahaan ternama pihaknya mendapatkan banyak pengalaman baru, terlebih dalam proses pembuatan virtual reality.

Baca juga: CTI IT Infrastructure Summit 2023 Tampilkan Inovasi dan Potensi Metaverse untuk Bisnis

"Sebuah kolaborasi harmonis memadukan ide, teknis, dan visualisasi untuk menciptakan sebuah kampus dalam platform virtual. Dengan perencanaan yang matang dan proses yang berkelanjutan diharapkan menjadi manfaat bagi banyak insan di perguruan tinggi,” tutup Betha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com