Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Resmikan iGeo 2023, Nadiem: Menang Kalah, Nikmati Perjalanannya

Kompas.com - 09/08/2023, 14:06 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim membuka International Geography Olympiad (iGeo) ke-19 di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa (8/8/2023). 

Nadiem mengajak seluruh peserta iGeo ke-19 untuk bangga dan mengapresiasi diri karena telah berani berkompetisi dalam ajang sains bergengsi itu. 

“Menang atau pun kalah, nikmatilah perjalanannya. Kenangan berada di negara yang belum pernah kalian lihat sebelumnya akan menjadi kenangan indah seumur hidup kalian,” ujarnya. 

Nadiem mengatakan, kompetisi itu akan membuat para peserta bertemu dengan orang-orang yang belum pernah ditemui sebelumnya serta berpotensi membina persahabatan seumur hidup. 

“Hal itu akan bertahan lebih lama daripada medali,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (9/8/2023). 

Baca juga: Merdeka Belajar Episode 25, Nadiem Luncurkan Permendikbudristek Antikekerasan di Satuan Pendidikan

Adapun iGeo ke-19 digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), dan Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia (IA TOGI).

Nadiem juga mengungkapkan kegembiraannya karena ada satu lagi ajang bergengsi internasional diadakan di Indonesia. 

"Saat ini, Indonesia menjadi negara favorit tuan rumah acara internasional. Kemendikbudristek mengapreasiasi kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan iGeo Task Force sehingga iGeo ke-19 dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Nadiem hadir didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin, serta Co-Chair International Geography Union (IGU) Susan Lomas dan Su Min Shen.

Susan Lomas mengungkapkan, mempelajari studi geografi berarti belajar tentang dunia, masyarakat, dan lingkungan. 

Baca juga: Nadiem: 3 Sosok Ini Dilindungi pada Aturan Baru Kekerasan di Sekolah

“Hal tersebut akan membantu kalian mengambil posisi sebagai orang dewasa dalam masyarakat yang lebih rumit dengan pemahaman dan kepercayaan diri untuk menantang hal-hal yang menurut kalian harus berbeda,” katanya.

Sementara itu, Tatang Muttaqin menjelaskan, iGeo 2023 mempertemukan 177 siswa tingkat sekolah menengah atas dari 46 negara. 

Kompetisi bertema “Creative City for Inclusive Urban Community” itu digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/8/2023) hingga (14/8/2023).

“Tema ini juga mengajak peserta untuk menggali potensi geografi dalam menciptakan kota yang inklusif, inovatif, dan berkesinambungan untuk seluruh warganya,” jelas Tatang.

Dia menjelaskan, tiga edisi iGeo sebelumnya digelar daring karena pandemi Covid-19. Pada tahun ini, iGeo diselenggarakan secara luring di Indonesia. 

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Ada 6 Bentuk Kekerasan di PAUD-SMA

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com