Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Atasi Masalah Biaya Kuliah yang Mahal

Kompas.com - 08/08/2023, 08:59 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biaya kuliah kerap menjadi masalah yang sering ditemui mahasiswa. Biaya kuliah yang dibutuhkan tiap mahasiswa tentu berbeda-beda.

Mahasiswa yang lolos ke perguruan tinggi lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) biasanya biaya kuliahnya lebih murah dibanding calon mahasiswa yang diterima di jalur mandiri perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Jika kamu merasa biaya kuliah yang dibutuhkan cukup besar, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekhawatiran soal biaya kuliah tersebut.

Dilansir dari laman institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi LP3I, Selasa (8/8/2023) berikut empat strategi yang bisa dilakukan calon mahasiswa agar bisa kuliah dengan biaya yang ringan, bahkan gratis.

Baca juga: Alumnus Unpad: Dunia Kerja Tidak Hanya Modal IPK Tinggi Saja

Strategi atasi masalah biaya kuliah yang mahal

1. Mendaftar dan lulus di perguruan tinggi kedinasan

Tips pertama mengatasi kekhawatiran soal biaya kuliah adalah melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan.

Biasanya sekolah kedinasan berada di bawah naungan kementerian atau instansi milik pemerintah.

Sekolah kedinasan memberikan benefit beragam. Salah satunya adalah kuliah gratis. Bahkan setelah lulus ada peluang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kementerian/ instansi yang menaungi kampus tersebut.

Jika kamu berhasil lolos di sekolah kedinasan, tentu kamu tidak perlu khawatir lagi membayar biaya kuliah.

2. Lulus perguruan tinggi negeri melalui SNBP atau SNBT

Strategi kedua yang bisa kamu lakukan adalah masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur SNBP atau SNBT.

Meski jalan yang ditempuh lebih berat karena kamu harus menjadi siswa yang berprestasi sejak SMA/SMK atau mengikuti mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) namun kamu bisa mendapatkan biaya kuliah yang relatif lebih murah dibanding jalur lainnya.

Selain itu kamu juga bisa mendaftar menggunakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang bisa membuatmu kuliah gratis dan juga mendapatkan bantuan biaya hidup.

Baca juga: Pengumuman Jalur Mandiri UIN Jakarta 2023, Ini Biaya UKT Semua Prodi

3. Ajukan beasiswa

Strategi selanjutnya adalah mengajukan beasiswa. Saat ini banyak beasiswa yang bisa dicoba untuk melanjutkan pendidikan di kampus negeri maupun swasta. Beasiswa bisa dari pemerintah maupun instansi swasta.

Selain itu, pihak perguruan tinggi juga menyediakan berbagai macam beasiswa. Seperti beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Cari informasi sedetail-detailnya tentang beasiswa di kampus atau di jurusan yang dituju.

Namun untuk mendapatkan beasiswa ada berbagai syarat yang harus dipenuhi. Misalnya harus memiliki prestasi yang bagus selama sekolah dan ujian di kampus. Maka, siapkan diri dengan belajar dan pertahankan prestasi.

4. Pilih kampus dan jurusan yang terjangkau

Biaya kuliah untuk masing-masing jurusan dan kampus juga berbeda-beda. Jurusan favorit di kampus ternama cenderung membutuhkan biaya besar.

Seperti Kedokteran, Ilmu Komunikasi dan jurusan bidang teknik. Hal ini juga disebabkan jurusan tersebut banyak praktiknya.

Sehingga kamu bisa memilih jurusan yang sama di perguruan tinggi negeri lain yang lebih terjangkau biaya kuliahnya. Kamu juga bisa mencari kampus yang menawarkan pembayaran cicilan terhadap biaya masuk dan uang semester.

Agar lebih hemat, pilih jurusan yang peminatnya lebih sedikit. Namun tetap usahakan jurusan tersebut memiliki prospek masa depan yang cerah dan sesuai dengan minat dan bakatmu.

Baca juga: Jenis-jenis Perguruan Tinggi, Calon Mahasiswa Perlu Tahu

Demikianlah empat tips mendapatkan biaya kuliah yang bisa dicoba para calon mahasiswa. Salah satu alternatif yang bisa dicoba tanpa perlu khawatir soal biaya kuliah adalah diterima di perguruan tinggi kedinasan. Kamu bisa kuliah gratis dan langsung menjadi ASN setelah menyelesaikan studi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com