Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Aira Dapat 5 Beasiswa, Diterima S2 di 3 PTN dan 2 Kampus Taiwan

Kompas.com - 07/08/2023, 20:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perlu kerja keras dan ketelitian jika mau mendapatkan banyak beasiswa serta bisa melanjutkan studi S2. 

Seperti cerita Aira Rahmatilah, mahasiswi berprestasi Prodi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang mendapatkan 5 beasiswa dan berhasil diterima S2 di banyak kampus. 

Aira kini berhasil diterima di dua kampus top Taiwan yaitu National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan National Dong Hwa University (NDHU).

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2023: Kuliah Gratis, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

Kemudian, ia juga diterima S2 di tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Padahal, perempuan yang mendapat beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) itu baru akan mengenakan toga sarjana pada wisuda ke-106 Unesa, 10 Agustus 2023 mendatang. 

Bagaimana Aira bisa mendapatkan semua beasiswa dan bisa diterima S2 di banyak kampus? 

"Saya ikut LPDP, alhamdulillah lulus dan diterima di beberapa kampus besar Indonesia. Gak nyangka, ternyata juga diterima di dua kampus Taiwan dan saya akan ke sana setelah lulus. Mengenai pilih kampus NTUST atau NDHU, masih saya pertimbangkan, setelah wisuda sudah ada keputusan," ucapnya, dilansir dari laman Unesa.

Baca juga: 19 Beasiswa S1-S3 di Luar Negeri, Pendaftaran Agustus-November 2023

Selain berhasil mendapatkan beasiswa dan melanjutkan S2 Ia juga memiliki IPK tinggi pada jenjang S1 yaitu 3,91. 

Ia menceritakan perjalanan kuliah dan perjuangannya selama ini. Ternyata, awal masuk kuliah, Aira berharap masuk prodi Matematika jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau saat ini disebut SNBP.

Namun, dia belum beruntung, lalu mencoba lagi di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau saat ini disebut SNBT dan akhirnya diterima di Prodi Sistem Informasi.

Meski tak sesuai rencana awal, dia tetap menikmati kuliah di prodi tersebut. Sebab masih ada kaitannya dengan aspek matematika.

"Mau dibilang salah jurusan tidak juga, karena masih ada kaitannya lah walau sedikit. Sejak awal saya menikmati kuliah dan tugas-tugas. Saya lebih fokus ke penyelarasan bisnis digital dan management IT," ucapnya.

Dapat 5 jenis beasiswa

Berasal dari keluarga sederhana membuat Aira tekun kuliah dan giat belajar hingga bisa lulus 3,5 tahun. Apalagi dia penerima beasiswa yang seringkali dalam persyaratannya, meminta penerima beasiswa lulus tepat waktu. 

Kelima jenis beasiswa yang ia dapat selama menjadi mahasiswa Unesa, ialah Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-K, beasiswa BPJS Ketenagakerjaan, Beasiswa Baznas, Beasiswa LPDP, hingga Beasiswa Ministry of Education (MoE) Taiwan.

Baca juga: 4 Kriteria Mahasiswa Berhak Dapat KIP Kuliah

Berkat salah satu beasiswa itu, dia bisa menyelesaikan skripsi hanya 3 bulan saja dan itu semua didanai penuh lewat beasiswa.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com