Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Hatta, Siswa Peraih Medali Emas Olimpiade Ekonomi Internasional 2023

Kompas.com - 07/08/2023, 10:16 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Terpilih menjadi satu dari lima delegasi Indonesia yang melangkah ke puncak olimpiade ekonomi internasional, Reyhan Muhammad Hatta dari Sekolah Cikal Amri Setu berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali Emas dan penghargaan Best in Financial Literacy (Delegasi terbaik di literasi keuangan) pada ajang International Economics Olympiad (IEO) 2023.

IEO 2023 merupakan puncak dari olimpiade ekonomi dunia yang diikuti oleh 50 negara, 250 peserta, dari 5 benua. Berlangsung berlangsung di kota Volos, Yunani, pada 24 Juli sampai 2 Agustus 2023.

Selain Hatta, siswa Indonesia yang berhasil meraih emas di ajang IEO 2023 ialah Himyar Arsenio Kamaka dari SMAN 8 Jakarta dan Muhammad Amadeus Ihsan dari SMA Kharisma Bangsa Kota Tangerang Selatan. Sementara medali perak berhasil diraih oleh Naufal Wiwit Putra dari MAN 2 Kota Malang dan William Philip Karnadi dari SMAS Kristen 3 Penabur Jakarta.

Baca juga: Kisah Briptu Tiara Nissa, Jadi Lulusan Berprestasi Akademi Polisi Turki

Kelimanya melangkah ke puncak olimpiade ekonomi dunia didampingi oleh dua orang pembina yakni Dwi Wulandari dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Taufikur Rahman dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Para siswa berhasil membawa Indonesia meraih posisi kedua dari 50 negara dengan raihan 3 medali emas, 2 medali perak, dua penghargaan di bidang Financial Game Literacy, dan bidang Economics.

Tanpa ekspektasi, hanya melakukan yang terbaik

Hatta bercerita bahwa raihan emas yang diperoleh Indonesia di IEO 2023 ini adalah emas yang baru didapatkan kembali oleh Indonesia setelah 6 tahun ke belakang.

Ia merasa bersyukur bisa menjadi salah satu dari peraih medali Emas untuk Indonesia.

Capaian Hatta meraih medali emas dan penghargaan Best in Financial Literacy di IEO nyatanya telah melalui proses yang panjang.

Sebelumnya, Hatta telah melalui tahapan seleksi olimpiade ekonomi di tingkat kota, provinsi, nasional, dan juga internasional.

Baca juga: Kisah Raeni, Anak Pengayuh Becak Peraih KIP Kuliah, Kini S3 di Inggris

Kompetisi internasional yang belum lama diikuti Hatta berlangsung pada Maret 2023 lalu. Ia sukses meraih medali perunggu di International Economics Olympiad Winter Challenge (IEOX) yang diikuti 66 negara.

Dari sana, Hatta bisa mewakili Indonesia pada International Economics Olympiad (IEO) yang menjadi puncak dari rangkaian olimpiade ekonomi dunia 2023.

Hatta mengatakan, selama menjalani kompetisi, baik nasional maupun internasional, tujuan utamanya bukanlah untuk menjadi pemenang, melainkan berusaha memberikan dan melakukan yang terbaik.

"Saya tidak nyangka (meraih medali emas dan penghargaan best in financial literacy) karena dari saya pribadi sebelum mengikuti IEO ini tidak mematok target apapun dan tidak memiliki ekspektasi apapun selain ingin memberikan yang terbaik. Jadi, ketika diumumkan saya mendapatkan emas saya sangat kegirangan sekali apalagi untuk lomba internasional sebelumnya dari bidang lain belum ada yang mendapatkan emas,” ungkap Hatta.

Reyhan Muhammad Hatta, murid kelas 12 SMA Cikal Amri Setu berhasil mengharumkan Indonesia dengan meraih medali perunggu di kompetisi ekonomi internasional yang diikuti oleh 66 negara, International Economics Olympiad Winter Challenge (IEOX) 2023.
Dok. Sekolah Cikal Reyhan Muhammad Hatta, murid kelas 12 SMA Cikal Amri Setu berhasil mengharumkan Indonesia dengan meraih medali perunggu di kompetisi ekonomi internasional yang diikuti oleh 66 negara, International Economics Olympiad Winter Challenge (IEOX) 2023.

Nilai-nilai dalam keluarga

Ibunda Hatta, Purwanti, mengatakan bahwa sebagai orangtua, ia dan suami memiliki nilai-nilai yang ditanamkan kepada Hatta maupun adiknya sejak kecil.

Salah satunya, dalam mencapai impian diperlukan ketekunan, kerja keras, dan konsistensi baik dalam beribadah, belajar, maupun berolahraga.

Baca juga: Beasiswa S2/S3 Stanford University, Tanpa IPK Tinggi dan Bebas Usia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com