Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S2 Australia Awards Indonesia Dibuka, Bisa Kuliah Gratis

Kompas.com - 28/07/2023, 14:25 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Australia kini membuka beasiswa Pascasarjana. Mahasiswa Indonesia bisa kuliah gratis ke kampus terbaik di Australia. 

Melalui program Australia Awards Indonesia Nusantara, beasiswa ini menjadi kesempatan luar biasa bagi generasi pemimpin dunia termasuk para mahasiswa dari Indonesia untuk menjadi
agen perubahan.

Mahasiswa bisa ikut berkontribusi dalam pertukaran pengetahuan di berbagai bidang demi mengembangkan ibu kota baru Indonesia, Nusantara.

Baca juga: Beasiswa S1 dari FIF Group, Dapat Rp 9 Juta dan Peluang Jadi Karyawan

Beasiswa ini diumumkan bersama oleh Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Australia pada Pertemuan Pemimpin Tahunan Australia-Indonesia pada 4 Juli 2023.

Ada 10 Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara akan diberikan kepada para calon pemimpin Indonesia untuk menempuh studi pascasarjana penuh waktu di Monash University, Indonesia yang akan dimulai pada Oktober 2023.

Monash University sendiri mendirikan kampus dalam negeri atau sebagai Universitas Australia pertama di Indonesia pada tahun 2020.

Para pemohon beasiswa akan dinilai berdasarkan kualitas profesional dan pribadi mereka, kompetensi akademis, dan yang terpenting potensi mereka untuk memberikan dampak terhadap tantangan pembangunan di Indonesia.

Para pemohon nantinya akan diminta untuk menunjukkan bahwa mereka dapat berkontribusi pada pembangunan ibu kota baru Indonesia, Nusantara dengan menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan jaringan yang diperoleh melalui studi mereka.

Baca juga: Beasiswa S2/S3 Stanford University, Tanpa IPK Tinggi dan Bebas Usia

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM mengatakan pendidikan tinggi sangat penting untuk kemajuan negara.

"Pendidikan merupakan katalis untuk kemajuan dan transformasi," kata dia dalam siaran persnya yang diperoleh Kompas.com.

Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara bertujuan untuk mencapai kesetaraan antara penerima beasiswa perempuan dan laki-laki serta mendorong pelamar dari berbagai latar belakang.

"Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara membuka pintu bagi individu-individu berbakat untuk mendapatkan akses pendidikan Australia kelas dunia di Indonesia dan berkontribusi pada pengembangan ibu kota baru, Nusantara," tambah dia.

Beasiswa ini juga diberikan kepada Kelompok Sasaran Program Kesetaraan yang terdiri dari penyandang disabilitas, perempuan dari wilayah yang tertinggal, dan mereka yang berasal dari provinsi-provinsi yang menjadi sasaran program kesetaraan.

Pelamar dari Kalimantan Timur juga bisa untuk mendaftar beasiswa ini. 

Pendaftaran Beasiswa Australia Awards Indonesia Nusantara akan ditutup pada 16 Agustus 2023.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com