Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA PD Turut Pecahkan Rekor Dunia untuk Pagelaran Angklung 2023

Kompas.com - 06/08/2023, 14:05 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menyelenggarakan pagelaran angklung terbesar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Adapun kegiatan tersebut diikuti sebanyak 15.110 peserta dari seluruh penjuru Nusantara. Hingga akhirnya dicatat oleh Guinness World Records (GWR).

OASE KIM ialah perhimpunan istri-istri anggota kabinet Indonesia Maju dan merupakan salah satu upaya dalam mendukung pelestarian budaya bangsa.

Turut hadir pada kegiatan pemecahan rekor dunia, siswa SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: SMA Pradita Dirgantara Sukses Gelar Turnamen Basket 2023, Ini Juaranya

Menurut Nanny Hadi Tjahjanto, founder SMA PD yang juga turut hadir pada kesempatan ini turut bangga dan memberikan semangat kepada 80 siswa SMA PD yang turut hadir di GBK.

"Keikutsertaan SMA Pradita Dirgantara ini adalah wujud cinta siswa-siswi Pradita terhadap budaya Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

"Terbukti, tidak hanya di Jawa Barat, angklung ini dicintai oleh seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Nanny.

Bersama ribuan peserta lainnya, siswa SMA PD turut menyanyikan lagu nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan lagu Wind of Change yang dipopulerkan grup musik legendaris Scorpions.

Di kesempatan ini, seluruh peserta dipandu oleh Saung Angklung Udjo.

Pada kesempatan ini, hadir Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo dan Pendamping Wakil Presiden Hj. Wury Estu Ma’ruf Amin.

Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin juga turut memainkan alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini.

Terdapat juga anggota OASE KIM, para pegawai negeri sipil dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejumlah kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar, dan lain-lain.

Angklung sendiri telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Baca juga: SMA Pradita Dirgantara Punya IELTS Center, Jadi yang Pertama di Jateng

Di penghujung acara, delegasi SMA PD turut foto bersama menunjukkan sertifikat GWR 2023 dengan penilai resmi UNESCO Sonia Usirogochi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian didampingi Nanny Hadi Tjahjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com