Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA PD Peringkat 3 Nasional Sekolah Terbaik Versi LTMPT meski Baru Luluskan 2 Angkatan

Kompas.com - 27/08/2022, 08:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Meski baru meluluskan dua angkatan, tetapi sekolah dibawah naungan TNI AU, SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) Boyolali, Jawa Tengah ini berhasil meraih peringkat 3 nasional sekolah terbaik di Indonesia berdasar nilai UTBK 2022.

Adapun daftar 1.000 sekolah terbaik itu disampaikan secara resmi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara langsung melalui kanal YouTube LTMPT dan akun Instagram pada Jumat, (26/8/2022).

LTMPT adalah lembaga di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bertugas menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi.

Baca juga: Terbaru! Ini 10 SMA Terbaik di Indonesia Berdasar Rerata UTBK 2022

Direktur Direktorat Pengembangan Sekolah PD, Dwi A. Yuliantoro, Ph.D., mengungkapkan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas.

Tentu termasuk alumni angkatan pertama (Wikara) dan angkatan kedua (Argaswara) yang baru saja mengikuti wisuda 25 Juni 2022 yang lalu.

"Salam takzim saya untuk seluruh civitas SMA PD, Wikara, Argaswara, dan terlebih lagi Yasarini," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

"Kerja keras bersama selama ini akhirnya membuahkan hasil. Mari berjuang bersama kembali, yakin kita raih peringkat 1 ke depannya," harap Dwi.

Peringkat 1 di Jawa Tengah

Sementara itu, melalui tayangan resmi YouTube dan Instagram LTMPT, Wakil Ketua I LTMPT Yuliandri menyampaikan, SMA PD meraih peringkat ke-3 nasional pada Sosialisasi Peringkat Sekolah Berdasarkan Nilai UTBK 2022 dengan skor rata-rata 640,747.

SMA PD juga meraih ranking 1 tingkat provinsi sebagai SMA terbaik di Jawa Tengah. Selisih dengan peringkat 1 nasional juga cukup dekat, dengan skor rata-rata 666,494.

Baca juga: Ketua LTMPT: Ini 5 Metode Penghitungan Pemeringkatan Sekolah

Melansir dari laman resmi LTMPT, statistik hasil UTBK 2022 SMA PD juga cukup tinggi. Pada tes potensi skolastik, skornya adalah 651,36 atau peringkat 4 nasional.

Untuk 58,618 skor TKA Saintek atau peringkat 4 nasional. Sedangkan nilai Soshum, SMA PD meraih peringkat 1 nasional dengan skor 69,435.

Ketua LTMPT Prof. Mochammad Ashari mengatakan, pemeringkatan Top 1.000 Sekolah 2022 berdasarkan nilai UTBK ini adalah cara LTMPT untuk menunjukkan akuntabilitas atas penyelenggaraan UTBK SBMPTN yang telah digelar tahun ini.

Adapun metode penghitungan Top 1.000 Sekolah ini diambil melalui pemeringkatan sekolah dengan jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2022 (lulusan tahun 2022) sebanyak lebih dari 40 orang.

Jumlah sekolah yang memenuhi kriteria ini sebanyak 3.381 sekolah. Sementara jumlah peserta yang memenuhi kriteria penilaian UTBK 2022 sebanyak 515.165 orang.

Baca juga: Dies Natalis SMA Pradita Dirgantara, Baru 4 Tahun Tapi Banyak Prestasi

Selanjutnya, metode penghitungan yang digunakan untuk membuat daftar Top 1.000 Sekolah yaitu nilai UTBK berdasarkan hasil Tes Potensi Skolastik (TPS) sebesar 60 persen ditambah dengan 40 persen Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com