Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asah Bakat, Siswa SMA Labschool Pamerkan 126 Karya di Museum Mandiri

Kompas.com - 19/07/2023, 18:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Siswa dan siswi SMA Labschool Jakarta kembali memamerkan 98 karya berupa lukisan dan 28 karya 3 dimensi di Museum Mandiri kawasan Kota Tua Jakarta, pada 18-23 Juli 2023.

Pameran ini bertemakan "Springtide Gala" hadir sebagai panggung siswa agar mereka dapat mengasah bakat dan mengekspresikan diri mereka, serta memberikan mereka spotlight untuk menjadi inspirasi bagi remaja-remaja di Indonesia.

Baca juga: Kisah Indah, Anak Buruh Diterima di UGM dengan Beasiswa 100 Persen

Peserta pameran ini melibatkan 28 seniman muda yang merupakan anggota ekstrakulikuler Art Community of Labschool (Acolabs) dan beberapa siswa yang terpilih dari siswa kelas 12.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya, Kepala Museum Mandiri, Tokoh Seni, Badan Pengelolah Sekolah Labschool YP-UNJ, dan Kepala SMA Labschool Jakarta.

Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno mengaku, pada umumnya hasil karya lukisan siswa hanya terhenti di ruang galery atau dipajang di dinding sekolah.

Dengan begitu, masyarakat tidak bisa menikmati, masyarakat tidak bisa menghargai, mengapresiasi, sehingga masyarakat tidak merasa ikut memiliki.

Padahal dari tema-tema lukisan tersebut, masyarakat bisa belajar banyak dari pameran ini.

"Terutama generasi muda bisa belajar banyak, bisa memetik nilai-nilai keutamaan, bisa membayangkan, membangun imajinasi yang indah tentang kehalusan budi dan peradaban kita," kata dia dalam keterangannya, Rabu (19/7/2023).

Dalam proses pembuatan karya yang ditempuh selama 6 bulan, peserta pameran telah mengikuti pelatihan lukis secara rutin, membuat 4 karya seni, yakni 3 seni lukis dan 1 karya 3 dimensi, serta dilakukan kurasi oleh tokoh seni Tri Yuli Prasetyo.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Penetapan UKT Mahasiswa di PTN Sudah Transparan

Tri Yuli menyatakan, tema musim semi pada pameran ini menjadi gagasan yang menarik untuk dikaji. Itu karena, musim semi tidak terjadi di negeri ini, di mana para siswa berada dan beraktivitas.

"Namun para siswa justru tertantang dengan tema tersebut sebagai dasar pijakan dalam proses berkarya. Kekuatan imajinasi, pengamatan dan data menjadi landasan mereka dalam berkarya," ungkap dia.

Karya-karya dari SMA Labschool Jakarta dipamerkan dan dilelangkan pada hari Minggu, 23 Juli 2023.

Hasil dari lelang dan penjualan merchandise akan didonasikan untuk kegiatan-kegiatan sosial.

Harapannya dengan adanya pameran seni ini, siswa dan siswi dapat mengembangkan kreativitas melalui karya.

Baca juga: Kemendikbud Klaim PTN Indonesia Gunakan Sistem Pembiayaan Berkeadilan

Lalu bisa meningkatkan jiwa sosial dengan mendonasikan hasil lelang karya seninya, sekaligus memperoleh manfaat dari kunjungan ke Kota Tua secara umum dan Museum Mandiri secara khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com