Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2023, 06:46 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) mengukuhkan tiga guru besar baru yang berlangsung di Auditorium USU, Jumat (14/7/2023).

Tiga guru besar dikukuhkan langsung oleh Rektor USU Prof. Muryanto Amin.

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Mereka yang dikukuhkan, yakni:

  1. Prof. Poltak Sihombing dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.
  2. Prof. Diana Sofia Hanafiah dari Fakultas Pertanian.
  3. Prof. T. Thyrhaya Zein dari Fakultas Ilmu Budaya.

Rektor USU menyatakan kebanggaannya atas prestasi ketiga profesor tersebut dan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap dedikasi dan kontribusi mereka.

Dia juga mengingatkan bahwa pengukuhan guru besar ini tentu menjadi pencapaian terkait komitmen universitas dalam meningkatkan kualitas dan reputasi.

"Saya selaku pimpinan universitas menyampaikan apresiasi terhadap ketiga guru besar tetap universitas yang dikukuhkan pada hari ini. Pengukuhan ini juga sebagai bentuk peningkatan kualitas dan reputasi universitas terkait komitmen," ujar Prof. Muryanto melansir laman USU, Senin (17/7/2023).

Rektor USU menekankan pentingnya kualitas pembelajaran di lingkungan universitas.

Dengan menyoroti terkait teaching and learning yang menjadi salah satu pilar utama dalam mencapai misi pendidikan tinggi yang berkualitas.

Sebagaimana hasil penilaian internasional yaitu indikator PISA, yang menunjukkan bahwa terdapat ketertinggalan dalam hal kemampuan literasi, matematika, dan sains di Indonesia.

"Dalam peningkatan dan pencapaian kualitas pendidikan yang baik di universitas, pelaksanaan teaching and learning harus terlaksana dengan optimal. Kita mengacu pada indikator yang ditetapkan oleh PISA terkait ketertinggalan dalam hal kemampuan literasi, matematika, dan sains di Indonesia," jelas dia.

Baca juga: 5 Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

Rektor menjelaskan, USU telah mengadopsi konsep sociopreneur university yang menempatkan inovasi dan jejaring luas sebagai landasan utama dalam memecahkan masalah-masalah sosial melalui pendidikan.

Dia berpendapat bahwa perguruan tinggi harus menjadi agen perubahan yang aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

USU dengan tagline "Transformation Towards the Ultimate", memperkuat reputasinya sebagai pusat akademik yang berdedikasi dalam menghasilkan penelitian dan pendidikan berkualitas tinggi.

Menurut Rektor USU, universitas memiliki prinsip untuk mendukung kemajuan dan inovasi dalam pengembangan riset dan pengajaran di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Baca juga: 4 Larangan Selama MPLS 2023 Jenjang PAUD-SMA

"Itu juga menegaskan komitmen terhadap peningkatan relevansi pendidikan di Indonesia," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com