Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadjah Mada Peduli Beri Beasiswa 4 Calon Mahasiswa yang Terkendala UKT

Kompas.com - 15/07/2023, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Pada jalur seleksi mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) atau Ujian Mandiri-Computer Based Test (UM-CBT) UGM 2023 telah selesai digelar.

Ada sebanyak 39.533 peserta yang terbagi dalam tiga kelompok ujian. Para pendaftar itu mengikuti seleksi di 6 kota Indonesia. Yakni di Pekanbaru, Balikpapan, Medan, Makasar, Yogyakarta, dan Jakarta.

Meski demikian, di sisi lain atau memasuki tahap akhir proses penerimaan mahasiswa baru ini nyatanya tidak selalu berjalan lancar.

Pasalnya, beberapa kendala dialami oleh calon mahasiswa baru yang kesulitan untuk melakukan pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) sebagai tanda aktif kuliah.

Baca juga: Tak Melulu Limbah Kayu Sengon, UGM Teliti Media Tanam Jamur Alternatif

Melansir laman Alumni UGM, Kamis (13/7/2023), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM peduli terhadap calon mahasiswa kurang beruntung dari sisi ekonomi sehingga mengalami kesulitan UKT.

BEM KM UGM kemudian melakukan pendataan pada calon mahasiswa yang mengalami kesulitan UKT.

Selain itu, melalui bagian advokasi BEM KM UGM, beberapa laporan masuk dari calon mahasiswa yang masih kesulitan dalam pembayaran UKT.

Melihat kondisi tersebut, UGM memberikan bantuan pendidikan dengan menggandeng beberapa stake holder, salah satunya adalah Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada).

Melalui beasiswa "Gadjah Mada Peduli" yang merupakan program sinergi UGM dan Kagama, maka Kagama telah membantu 4 calon mahasiswa yang kesulitan membayar UKT.

Meski demikian, ketatnya proses seleksi menjadi pertimbangan untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang bertalenta tetapi kurang beruntung dari segi ekonomi.

Untuk itulah, pemberian beasiswa ini sebagai wujud nyata UGM dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitasd dan merata.

Selain itu juga memberikan kesempatan belajar bagi semua orang sekaligus mendukung program SDGs melalui perguruan tinggi.

Baca juga: Persiapan Kuliah Apa Saja? Calon Mahasiswa Harus Paham 5 Hal Ini

Melalui beasiswa Gadjah Mada Peduli, peran dan kontribusi UGM dan Kagama semakin nyata bagi peningkatan kualitas SDM anak bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com