Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB University Buka Jurusan Kuliah D4 Teknologi Benih

Kompas.com - 07/07/2023, 17:53 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang tertarik di dunia pertanian, maka bisa mencoba jurusan kuliah yang satu ini. Namanya Prodi D4 Teknologi Benih di IPB University.

Adapun jurusan kuliah ini baru dibuka oleh Sekolah Vokasi (SV) IPB University. Prodi ini adalah pengembangan dari Prodi D3 Teknologi Industri Benih.

Untuk pendaftarannya dibuka melalui Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB) Sekolah Vokasi. Jadi, calon mahasiswa bisa mendaftar di jalur tersebut.

Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. drh. Deni Novianan menjelaskan, terkait dibuaknya Prodi Teknologi Benih.

Baca juga: IPB Masuk Top 10 Dunia dalam THE Impact Rankings 2023

Yakni dalam upaya pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) industri produsen benih swasta nasional, asing dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, SDM lulusan prodi ini juga dibutuhkan sebagai pengawas benih tanaman pada produsen benih dan lembaga sertifikasi level pengawas benih tanaman utama.

"Adanya Program Sarjana Terapan Teknologi Benih, yang nantinya akan ada juga pengembangan prodi S2 Terapan, akan mendorong jumlah riset terapan, publikasi dan paten untuk bidang teknologi benih," ujarnya dikutip dari laman IPB University, Jumat (7/7/2023).

"Prodi D4 ini juga dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas input mahasiswa bidang teknologi benih," imbuh dia.

Tak hanya itu saja, SV IPB University juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra instansi dan industri.

Untuk penempatan praktik kerja lapangan atau PKL, SV IPB University bermitra dengan 78 instansi dan industri.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan Asosiasi Perbenihan Indonesia (Asbenindo), yang merupakan persyaratan khusus peningkatan program D3 ke Sarjana Terapan.

Adapun Sekolah Vokasi IPB University juga bekerja sama dengan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Ambon dalam pengembangan produksi benih kelapa secara generatif dan vegetatif melalui metode kultur jaringan.

Baca juga: Syarat Seleksi Masuk Sekolah Vokasi IPB 2023 dan Pilihan Jurusannya

Kerja sama SV IPB University juga terjalin dengan Istana Kepresidenan Cipanas dalam rangka pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com