Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditutup 7 Oktober, Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2023 Jalur Mandiri PTN

Kompas.com - 07/07/2023, 11:10 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 bisa didaftar calon mahasiswa yang memilih jalur mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2023 jalur mandiri PTN ditutup pada 7 Oktober 2023. Jadi, masih ada waktu sekitar 3,5 bulan untuk mengecek persyaratan dan mendaftar. 

KIP Kuliah 2023 bagi mahasiswa di jalur mandiri PTN didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Mahasiswa di jalur mandiri bisa mendapatkan biaya pendidikan dan biaya hidup sesuai kluster jurusan dan lokasi tempat mahasiswa menimba ilmu.

 Baca juga: Unpad Tambah Kuota KIP Kuliah Jalur Mandiri 2023

Untuk biaya hidup, paling besar mencapai Rp 1,4 juta dan biaya pendidikan untuk prodi terakreditasi A mencapai Rp 8-12 juta.

Untuk itu, ketahui cara daftar san syarat KIP Kuliah jalur mandiri PTN yang ditutup 7 Oktober 2023.

Syarat KIP Kuliah 2023

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang telah atau akan lulus pada tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.

2. Peserta memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

3. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat di sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

4. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen sah. Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan:

  • Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau
  • Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau
  • Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau
  • Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan atau
  • Mahasiswa dari keluarga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  • Apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, dapat mendaftar KIP Kuliah selama memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi, yang dibuktikan melalui pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000,00.

Baca juga: Ini Cara Daftar KIP Kuliah 2023 Jalur Mandiri PTS

5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (prodi) dengan Akreditasi A, B, atau C (khusus Akreditasi C dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi).

Cara daftar KIP Kuliah 2023

Sebelum melakukan pendaftaran Seleksi Mandiri PTS KIP Kuliah 2023, peserta dapat menyiapkan beberapa data seperti NISN, NPSN, dan NIK. Berikut ini tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri PTS KIP Kuliah 2023:

1. Kunjungi laman https://kip–kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru, untuk mendaftar Seleksi Mandiri PTS KIP Kuliah 2023.

2. Masukan data NIK, NISN, NPSN, dan alamat surel aktif.

3. Pilih menu "Proses Selanjutnya".

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com