Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej Akan Terima 2.050 Calon Mahasiswa dari Jalur Seleksi Mandiri 2023

Kompas.com - 05/07/2023, 06:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 5.566 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru (SEMMABA) Universitas Jember (Unej) tahun 2023.

Mereka akan mengikuti UTBK SEMMABA Unej 2023 mulai dari tanggal 5-9 Juli 2023 di Kampus Tegalboto.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Menurut Wakil Rektor I Unej Prof. Slamin, SEMMABA Unej adalah jalur terakhir untuk menjadi mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2023.

Unej berencana menerima 2.050 calon mahasiswa baru dari jenjang Diploma, Sarjana Terapan, dan Sarjana dari jalur Seleksi Mandiri Unej 2023.

"Jumlah tersebut adalah 25 persen dari total jumlah mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2023," kata dia mengutip laman Unej, Selasa (4/7/2023).

Untuk menyambut 5.566 peserta ini, panitia SEMMABA Unej 2023 telah mempersiapkan sarana, prasarana dan tenaga pengawas UTBK.

Seperti yang dilakukan panitia pada hari Senin (3/7/2023), panitia mencoba kesiapan perangkat komputer beserta jaringannya.

Ada 22 ruang UTBK yang terdapat di 15 lokasi ujian, dengan 790 perangkat komputer yang tersedia di setiap sesi. Sehingga dalam satu hari bisa melayani 1.580 peserta dalam dua sesi.

Nantinya para peserta akan diawasi oleh pengawas ujian, dengan ketentuan setiap 20 peserta akan diawasi oleh 1 pengawas.

"Tidak hanya mengecek perangkat komputer dan jaringan, kami juga menggelar gladi bersih UTBK SEMMABA Unej 2023 dengan menempatkan panitia yang menjalankan peran sebagai peserta ujian beserta uji kesiapan tim teknologi informasi dan komunikasi di seluruh lokasi ujian," ujar dia.

Baca juga: Dosen UM Surabaya Beri 5 Tips Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging

Tujuan pengecekan perangkat komputer dan jaringan serta gladi bersih, sebut dia, guna memastikan sistem UTBK SEMMABA Unej 2023 berjalan dengan baik.

Dia mengimbau seluruh peserta UTBK SEMMABA Universitas Jember 2023 agar hadir satu jam sebelum jadwal ujian dimulai.

"Hadir lebih awal akan membuat peserta, terutama dari luar Jember leluasa mencari lokasi ujian dan mempersiapkan diri," ungkap dia.

Selain itu, semua peserta diharapkan tetap menjaga kesehatan seperti memakai masker walaupun pandemi Covid-19 sudah dinyatakan berubah menjadi endemi oleh pemerintah.

Wakil Koordinator Kehumasan Unej, Rokhmad Hidayanto menambahkan, bagi peserta UTBK SEMMABA Universitas Jember 2023 yang kebetulan memerlukan layanan khusus karena satu dan lain hal bisa menghubungi Humas Unej.

Baca juga: 7 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia, Ada Binus hingga UMY

"Prinsipnya panitia akan berusaha memfasilitasi semua kebutuhan peserta UTBK SEMMABA Unej 2023," tegas Rokhmad Hidayanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com