Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UAD Bantu Beasiswa dan Pembuatan Sumur Bor bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

Kompas.com - 04/07/2023, 23:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Gempa Cianjur pada akhir November 2022 yang lalu berdampak luas pada masyarakat. Bahkan ada beberapa wilayah yang kesulitan air bersih pasca gempa.

Untuk itu, sebagai bentuk kepedulian pada warga terdampak, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) memberi bantuan pembuatan sumur bor pada warga Burangkeng, Mangunkerta, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Tak hanya itu saja, UAD dan MDMC juga memberikan bantuan daging kurban serta beasiswa pada warga terdampak di daerah tersebut, Sabtu (1/7/2023).

Adapun bantuan diberikan secara simbolis dalam acara peresmian sumur bor yang dilakukan oleh Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. didampingi Lurah Mangunkerta Ira Rismayati, Ketua MDMC Pusat, BPH UAD, Wakil Rektor UAD, beserta beberapa Pejabat Struktural UAD.

Baca juga: Warek UAD: Mahasiswa Perlu Rencanakan Masa Depan dengan Plan A-Z

Tentu, bantuan ini diberikan sebagai upaya dan komitmen UAD untuk membantu warga dalam mengatasi sulitnya akses air bersih pasca terjadinya gempa.

Sebelumnya selama beberapa bulan pasca gempa, relawan UAD juga telah melakukan pendampingan psikososial.

Lurah Mangunkerta Ira Rismayati memberikan apresiasi pada mahasiswa UAD yang telah memberikan pendampingan bagi warganya.

Terlebih dengan berbagai bantuan lainnya yang diberikan oleh UAD dan MDMC.

"Banyak bantuan yang sudah diberikan kepada kami, baik dalam bentuk psikis, materi, hingga dukungan moril untuk membangkitkan semangat para warga dalam menata kembali kehidupan pascagempa," ujarnya dikutip dari keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (4/7/2023).

Pimpinan pusat MDMC Budi Setiawan juga turut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada UAD karena telah ikut serta berpartisipasi dalam memberikan bantuan kepada warga Burangkeng.

Ia berharap bahwa bantuan yang telah diberikan dapat memberi manfaat dan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu, Rektor UAD Muchlas menuturkan bahwa selain bantuan sumur bor, UAD juga berkomitmen untuk memberikan beberapa bantuan lainnya.

Bantuan tersebut berupa pemberian sapi kurban pada peringatan hari raya Idul Adha, pemberian pendampingan psikososial, serta beasiswa untuk masyarakat.

"UAD terus berkomitmen untuk membantu warga Burangkeng bangkit lebih kuat lagi pascabencana gempa yang melanda di akhir tahun 2022 kemarin," tutur dia.

Baca juga: Beasiswa Kedokteran UAD 2023: Bisa Kuliah Gratis, Ini Persyaratannya

"Harapannya, kehadiran UAD juga meringankan beban warga serta menjadi motivasi untuk melanjutkan kehidupan esok hari," tandas Rektor UAD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com