Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Jadi Kampus Peringkat Ke-661 di Dunia

Kompas.com - 28/06/2023, 15:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran berhasil meraih peningkatan signifikan pada peringkat QS World University Ranking 2024.

Pada pemeringkatan tersebut, Unpad meraih peringkat ke-661 dunia atau naik lebih dari 100 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: 7 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2024

"Alhamdulillah, ini pencapaian kita semua," ucap Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dikutip dari laman Unpad, Rabu (28/6/2023).

Tahun ini, ada beberapa indikator yang menunjukkan peningkatan optimal pada QS World University Rankings 2024, yaitu reputasi akademik (academic reputation) dan reputasi pemberi kerja (employer reputation).

Pada indikator reputasi akademik, Rektor mengatakan bahwa komponen ini menunjukkan posisi yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini menandakan bahwa dosen dan peneliti di Unpad memiliki mitra (peer) internasional yang lebih kuat.

"Capaian ini menunjukkan adanya keselarasan dengan visi Unpad menjadi perguruan tinggi bereputasi dunia, dan itu memang harus makin diakui," ujar dia.

Sementara pada indikator reputasi pemberi kerja, Unpad telah mampu menginventarisasi dan mengidentifikasi alumninya dengan baik.

Kenaikan nilai pada indikator ini menunjukkan bahwa Unpad memiliki banyak alumni yang prominen. Hal ini menandakan bahwa pendidikan di Unpad makin baik.

Rektor melanjutkan, capaian baik dari dua indikator ini menunjukkan bahwa Unpad makin mampu meningkatkan kualitas dan reputasinya bukan hanya di bidang riset dan publikasi, tetapi juga di bidang capaian dan luaran dari pembelajaran pendidikan tinggi.

Dari hasil pemeringkatan tersebut, yang perlu menjadi catatan adalah peningkatan jumlah mahasiswa asing.

Saat ini, kata Rektor, fokus yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang melakukan studi bergelar di Unpad.

Upaya diwujudkan melalui penyediaan beasiswa bagi program Magister untuk mahasiswa asing dengan seleksi, kolaborasi dengan perguruan tinggi asing untuk pembukaan twinning program, double degree, joint degree hingga mempromosikan studi di Unpad melalui lembaga penyedia beasiswa di luar negeri.

Baca juga: Kuliah Bersusah Payah, tetapi Mahasiswa UB Ini Lulus dengan IPK 3,94

"Kita targetkan jumlah mahasiswa asing yang bergelar di Unpad itu naik. Program non-gelar pun tetap kita tingkatkan," jelasnya.

Hal lain yang menjadi catatan adalah peningkatan nilai di indikator Research Network. Indikator ini merupakan parameter penilaian baru dalam QS.

Namun, Rektor optimistis indikator ini akan meningkat signifikan apabila dosen memiliki mitra internasional yang baik.

Dengan perolehan baik ini, Rektor berharap upaya Unpad untuk dapat masuk ke 500 besar perguruan tinggi dunia makin terwujud.

Baca juga: 20 Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2024

Jika semua unsur, baik dosen maupun mahasiswa, memiliki kekuatan yang sama dan terintegrasi, akan mampu mendorong Unpad makin berkualitas dan bereputasi.

"Kalau kita ingin masuk 500 besar, maka kekuatan dan kekompakan itu harus tetap dipelihara," tutur Rektor Unpad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com