Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Obyek Wisata Sejarah di Surabaya untuk Mengisi Libur Kuliah

Kompas.com - 27/06/2023, 13:21 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber UNAIR News

KOMPAS.com - Surabaya memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi masa liburan kuliah maupun libur sekolah ini.

Selain obyek wisata yang bersifat hiburan, Surabaya juga punya obyek wisata yang memberikan nilai edukasi. Obyek wisata bernilai edukasi di Surabaya ini karena memiliki nilai sejarah dan daya tarik budaya.

Melansir laman Universitas Airlangga (Unair), Selasa (27/6/2023) berikut beberapa destinasi wisata di Surabaya yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi libur kuliah.

Baca juga: Berapa Nilai UTBK SNBT 2023 Tertinggi? Ini Informasi Lengkapnya

Wisata sejarah di Surabaya untuk mengisi libur kuliah

1. Arca Joko Dolog

Bagi mahasiswa yang menyukai wisata sejarah, Arca Joko Dolog bisa menjadi pilihan. Arca ini merupakan sisa peninggalan Kerajaan Singasari.

Arca Joko Dolog merupakan manifestasi wujud raja terakhir Kerajaan Singasari, yakni Raja Kartanegara.

Pemerintah Kota Surabaya sudah menetapkan Arca Joko Dolog menjadi bagian dari cagar budaya sejak 1996.

Tempat wisata cagar budaya ini cocok bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengulik tentang sejarah Kerajaan Singasari. Lokasi arca ini dapat kamu temukan di Jalan Taman Apsari, Surabaya.

2. Kelenteng Sanggar Agung

Obyek wisata sejarah di Surabaya yang bisa dikunjungi saat libur kuliah berikutnya berupa wisata budaya dan religi.

Berada di Jalan Sukolilo Nomor 10, Kelenteng Sanggar Agung atau Kelenteng Hong Sang Tan, tema arsitektur kelenteng menjadi daya tarik tersendiri.

Terdapat patung ikonik yakni, Dewi Kwan Im bersama dengan penjaganya, Shan Nan dan Tong Nu berada di area kelenteng. Terdapat pula dua patung naga penjaga gerbang langit yang berdiri megah menghadap laut. Masyarakat banyak mengambil foto di area ikonik tersebut.

Baca juga: Libur Sekolah Ke Malang, Coba Cek 4 Hotel Milik SMK Ini

3. Alun-Alun Surabaya

Alun-alun Surabaya berada area kompleks Balai Pemuda, tepatnya, di Jalan Gubernur Suryo Nomor 15, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Selain memiliki ruang terbuka yang luas, alun-alun ini cukup unik karena juga memiliki ruang bawah tanah.

Di area bawah tanah, Alun-alun Surabaya menyediakan ruang untuk melakukan pameran seni, panggung teater atau pertunjukan, juga arena skateboard. Alun-alun ini cocok bagi mahasiswa yang suka mengapresiasi seni. Bahkan untuk melepas penat, juga melakukan hobi seperti bermain skateboard.

4. Kampung Peneleh

Kampung Peneleh memiliki nilai historis. Untuk kamu yang suka sejarah, tempat wisata ini cocok untuk dipilih. Banyak hal yang dapat ditemukan ketika menyusuri Kampung Peneleh.

Melansir laman Pemerintah Kota Surabaya, Kampung Peneleh menjadi tempat kediaman HOS Tjokroaminoto, rumah kelahiran Presiden Soekarno, masjid peninggalan Sunan Ampel, toko buku legendaris Peneleh, dan makam Belanda. Terdapat juga Langgar Dukur yang menjadi tempat mengaji Bung Karno sewaktu muda.

5. Museum Surabaya Siola

Bagi para mahasiswa yang ingin banyak tahu tentang sejarah Surabaya, tempat wisata Museum Surabaya bisa menjadi alternatif. Museum yang berada di Jalan Tunjungan Nomor 1 Genteng, Surabaya ini menyimpan sejarah perjalanan Kota Surabaya. Museum Surabaya juga menyuguhkan galeri seni khas Jawa Timur.

Museum Surabaya Siolo juga punya koleksi  benda kuno khas masa lalu seperti radio, televisi, telepon dan barang antik lain.

Baca juga: Cara Mengolah Daging Kurban yang Benar Menurut Dosen Unair

Demikian 5 obyek wisata sejarah di Surabaya yang bisa dijadikan pilhan mengisi waktu liburan bagi mahasiswa maupun pelajar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com