Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos UTBK SNBT 2023 di UB, Ini Ketentuan Daftar Ulangnya

Kompas.com - 26/06/2023, 16:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 Universitas Brawijaya dipilih oleh 62.327 peserta.

Peserta yang sudah dinyatakan lolos di Universitas Brawijaya lewat jalur UTBK SNBT 2023 harus segera melakukan daftar ulang.

Ada beberapa hal yang harus diketahui calon mahasiswa saat melakukan daftar ulang di Universitas Brawijaya.

Melansir laman resmi Selma Universitas Brawijaya, Senin (26/6/2023) berikut informasi mengenai daftar ulang peserta UTBK SNBT 2023 yang dinyatakan lolos di Universitas Brawijaya.

Baca juga: Mau Kuliah Telkom University Pakai KIP Kuliah 2023? Ini Cara Daftarnya

Daftar ulang UTBK SNBT 2023 di Universitas Brawijaya

1. Pemberkasan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id mulai tanggal 21 Juni 2023 pukul 13.00 WIB sampai dengan 1 Juli 2023 pukul 23.59 WIB dengan cara:

  • Lakukan pembuatan akun baru dengan menggunakan alamat email yang valid (Disarankan menggunakan email google (gmail)).
  • Login pada laman https://admisi.ub.ac.id dan lakukan verifikasi pemberkasan SNBT dengan memasukkan Nama, No Pendaftaran, dan Tanggal Lahir sesuai dengan pendaftaran SNBT.

2. Isilah seluruh isian berkas pada laman https://admisi.ub.ac.id secara benar, akurat, dan jujur.

3. Membayar biaya UKT yang telah ditetapkan dengan tata cara yang akan diumumkan kemudian pada laman https://selma.ub.ac.id.

4. Lain-lain yang harus diperhatikan saat daftar ulang UTBK SNBT 2023 di Universitas Brawijaya antara lain:

  • Setiap calon mahasiswa yang terbukti melakukan pengisian data yang tidak benar akan diberikan sanksi dan digugurkan sebagai calon mahasiswa UB;
  • Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman inidinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Brawijaya;
  • Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman https://selma.ub.ac.id;
  • Layanan informasi dan permasalahan terkait seleksi dan registrasi diberikan melalui Halo SELMA (https://haloselma.ub.ac.id)

Peserta UTBK SNBT 2023 yang dinyatakan lolos di Universitas Brawijaya dan akan melakukan daftar ulang, termasuk calon mahasiswa pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) wajib memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan Universitas Brawijaya.

Baca juga: 10 Kampus Top Asia Versi THE AUR 2023, Ada Kampus dari Indonesia?

Adapun beberapa persyaratan pemberkasan antara lain:

a. Foto diri. Foto diri telah tersedia pada laman https://admisi.ub.ac.id sesuai isian pada saat pendaftaran SNBT 2023. Ketentuan foto diri adalah posisi foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi (bagi yang berjilbab wajib menyesuaikan) dengan ukuran 4×6 dengan latar belakang polos warna merah. Jika terdapat foto diri yang dirasa tidak sesuai, atau ingin melakukan perubahan foto diri dapat mengunggah foto yang sesuai melalui aplikasi Admisi

b. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).Calon mahasiswa yang diterima di program studi pada fakultas non kesehatan (selain FK, FKG, FKH, dan FIKES) WAJIB mengunggah SKBN dengan minimal 3 parameter. Penentuan jenis zat tergantung pada lokasi pemeriksaan (sebagai contoh SKBN memuat hasil tes bebas dari zat Amphetamine (AMP), Methamphetamine, dan Benzodiazepine). Surat keterangan bebas narkoba wajib ditandatangani oleh dokter pemeriksa disertai stempel basah, atau dapat dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Surat keterangan bebas narkoba wajib ditandatangani oleh Dokter pemeriksa disertai stempel basah. Lokasi pemeriksaan dapat dilakukan di RS Kepolisian, Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Swasta, BNN, Puskesmas, Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas dalam mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba.

c. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna (hanya untuk program studi yang mensyaratkan). Calon mahasiswa yang diterima di program studi non kesehatan (selain FK, FKG, FKH, dan FIKES) namun diterima pada program studi yang mensyaratkan tidak buta warna atau memperbolehkan buta warna parsial, wajib mengunggah surat keterangan pemeriksaan buta warna. Surat keterangan WAJIB ditandatangani dokter pemeriksa disertai stempel basah. Lokasi pemeriksaan dapat dilakukan di Dokter Spesialis Mata, Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Swasta,Puskesmas/Fasilitas Kesehatan, Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas untuk mengeluarkan surat keterangan pemeriksaan buta warna. Apabila hasil tes buta warna ternyata tidak memenuhi syarat program studi, mahasiswa WAJIB melakukan konfirmasi melalui Halo SELMA (https://haloselma.ub.ac.id) dengan subyek “Konfirmasi hasil tes buta warna”.

Daftar syarat program studi dapat diakses pada tautan berikut: https://selma.ub.ac.id/program-studi-sarjana-dan-diploma-universitas-brawijaya-2023/

d. Hasil Tes Kesehatan dan Tes Psikologi. Calon mahasiswa yang diterima pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Ilmu Kesehatan melaksanakan Tes Kesehatan dan Tes Psikologi yang dilaksanakan di domisili masing-masing sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang akan diumumkan kemudian, dengan jadwal sebagai berikut:

  • Pemeriksaan Kesehatan di lokasi/domisili masing-masing: 21 Juni – 1 Juli 2023
  • Upload (softcopy) dan mengirim berkas (hardcopy): 21 Juni – 1 Juli 2023
  • Verifikasi oleh tim Tes Kesehatan: 21 Juni – 5 Juli 2023
  • Pengumuman hasil tes kesehatan di selma.ub.ac.id: 6 Juli 2023.

Pengumuman Tes Kesehatan Calon Mahasiswa FK, FKG, FKH, FIKES jalur SNBT 2023 pada laman https://selma.ub.ac.id/tes-kesehatan-snbt-2023/.

Lalu, wajib mengisi pernyataan kebenaran pengisian data penghasilan penanggung biaya pendidikan yang ada pada laman https://admisi.ub.ac.id.

Calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya wajib melihat pengumuman penetapan UKT Proporsional dengan login ke situs https://admisi.ub.ac.id pada 7 Juli 2023 dan melihat informasi UKT di Dashboard.

Baca juga: Cara Cek Skor UTBK SNBT 2023 lewat Link Ini

Bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar KIP Kuliah mekanisme pengumuman penerimaan beasiswa akan diumumkan kemudian di laman https://selma.ub.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com