Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 1.000 Kuota D4 Jalur Mandiri Unpad, Cek Jadwalnya

Kompas.com - 23/06/2023, 14:39 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) masih membuka peluang pendaftaran program Sarjana Terapan atau D4 dengan kuota 1.000 orang untuk 14 program studi melalui jalur mandiri atau Seleksi Masuk Unpad (SMUP) 2023.

Kepala Kantor Pendidikan Vokasi Dina Sartika mengatakan, dengan kuota besar yang ada maka peluang masuk Unpad semakin besar.

“Kalau total daya tampungnya itu sekitar 900 lebih, hampir 1.000 calon mahasiswa yang masuk ke program Sarjana Terapan Unpad. Jadi peluangnya besar ya bagi yang ingin bergabung di Unpad melalui program Sarjana Terapan,” kata Dina, saat mengisi "Ayo Kenal Unpad SMUP Sarjana Terapan” yang disiarkan secara langsung di Kanal Youtube Unpad, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: 13 PTN Buka Jalur Mandiri 2023 dengan Nilai UTBK, Catat Jadwalnya

Dina menjelaskan bahwa kurikulum di program Sarjana Terapan Unpad dibangun dengan melibatkan industri dan mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Sehingga lulusan kita itu belajar sesuai dengan kebutuhan industri,” ungkap Dina.

Lebih lanjut Dina menjelaskan, jika jenjang S1 banyak belajar teori, pendidikan di Sarjana Terapan didominasi oleh praktik.

“Jadi sekitar 30-40 persen itu belajar teori, dan selebihnya, 60-70 persen itu belajar praktik baik di lab maupun di lapangan,” jelas Dina.

Selain mendapat ijazah, lulusan Sarjana Terapan Unpad juga akan dibekali dengan sertifikasi kompetensi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi sesuai dengan bidang yang digeluti.

“Itu semacam pengakuan dari pihak luar bahwa Anda memiliki kompetensi di bidang yang Anda geluti,” ujar Dina.

Jadwal pendaftaran SMUP 2023

Panitia SMUP 2023 Irma Nuraini, mengatakan bahwa pendaftaran Sarjana Terapan Unpad dilakukan melalui seleksi mandiri. Pendaftar dapat memilih dua skema, yaitu skema nilai UTBK 2023 atau nilai ujian SMUP.

Irma pun menekankan pentingnya memperhatikan jadwal pendaftaran dan ujian. Pendaftaran untuk Sarjana Terapan Unpad dapat dilakukan hingga 25 Juli 2023.

Namun khusus bagi pemilih skema nilai ujian SMUP, pendaftar diharuskan mendaftar hingga 26 Juni 2023. Ujian SMUP sendiri akan dilaksanakan secara daring pada 8-10 Juli 2023.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta? Catat 5 Pengeluaran Ini

Ujian ini akan diikuti oleh pendaftar seleksi mandiri jenjang S1 dan Sarjana Terapan.

“Ujian SMUP hanya dilaksanakan sekali yang hasil tes bisa digunakan untuk mendaftar ke sarjana S1 atau Sarjana Terapan,” jelas Irma.

Adapun materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan Belajar, dan tidak ada materi tes mata pelajaran. Peserta yang lulus adalah mereka yang memiliki nilai tertinggi sesuai kuota atau daya tampung setiap prodi.

“Jadi kita urut nilainya. Nilai tertinggi itulah yang dapat lulus di program Sarjana Terapan,” ujar Irma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com