Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.206 Peserta Lulus Jalur UTBK SNBT 2023, Unesa Imbau Daftar Ulang

Kompas.com - 22/06/2023, 09:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) telah diumumkan pada Selasa (20/6/2023) pukul 15.00 WIB. Berdasarkan hasil tersebut, sebanyak 10.206 peserta dinyatakan lolos masuk Unesa.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Baru Unesa, Dr. Sukarmin mengatakan, bahwa yang diterima tersebut merupakan hasil persaingan ketat dari sebanyak 40.920 peserta jalur UTBK, baik itu sebagai pilihan pertama maupun pilihan kedua.

Baca juga: 10 SMA Jakarta yang Masuk Daftar Sekolah Terbaik Se-Indonesia

Dia menambahkan, Unesa pada tahun ini berada di urutan ke-10 sebagai kampus yang memiliki pendaftar terbanyak di jalur SNBT.

Selain itu, pada kategori Vokasi, Unesa menerima sebanyak 1.063 peserta jalur UTBK.

Angka tersebut mencatatkan Unesa sebagai kampus ke-8 nasional yang menerima pendaftar vokasi terbanyak.

"Unesa juga masuk sebagai kampus dengan pendaftar KIP-K terbanyak se-Indonesia, yaitu menerima 4.239 jalur UTBK," kata dia mengutip laman Unesa, Kamis (22/6/2023).

Sukarmin mengucapkan selamat kepada para peserta yang sudah berhasil lolos di prodi dan kampus impiannya.

Dia mengimbau agar peserta segera mempersiapkan berkas pendaftaran ulang dan memantau tanggal penting di website dan media sosial official Unesa

Dia juga menyampaikan tetap semangat kepada peserta yang belum dinyatakan lolos di Unesa jalur UTBK SNBT 2023.

"Jalan masuk Unesa tidak hanya UTBK, tetapi masih ada jalur mandiri yang kesempatannya masih sangat terbuka lebar," jelas dia.

Nilai UTBK SNBT 2023 bisa digunakan jalur mandiri

Sukarmin sangat menyarankan peserta agar nilai UTBK-nya digunakan untuk mendaftar jalur mandiri atau SPMB utamanya jalur tanpa tes di Unesa.

Baca juga: 20 PTN Penerima Pendaftar Terbanyak di UTBK SNBT 2023

Menurut dia, jalur tanpa tes ini kesempatan bagus bagi peserta, sebab hanya diikuti peserta yang memiliki nilai UTBK dan SNBP (rapor) saja.

"Bagi adik-adik yang nilai UTBK-nya bagus, bisa memilih prodi apapun yang ada di Unesa. Bagi yang nilainya sedang, pilihlah prodi Unesa yang persaingannya tidak terlalu tinggi. Buat adik-adik yang memilih prodi keolahragaan dan seni, bisa didukung dengan portofolio atau sertifikat," ucap dia.

Selain jalur non-tes (SNBP dan UTBK) tersebut, Unesa juga menyiapkan sebanyak 6 jenis penerimaan jalur mandiri.

Ada jalur prestasi, jalur disabilitas, TMUBK, afirmasi pendidikan tinggi (Adik), kerja sama dan jalur mahasiswa luar negeri.

Baca juga: Sekolah Gratis di SMA/SMK Swasta, Cek Syarat PPDB Bersama Jakarta 2023

"Jalur yang sangat berpeluang besar bagi peserta yaitu jalur prestasi, di dalamnya ada jalur prestasi kepemimpinan bagi pengurus inti OSIS, prestasi olahraga, seni, saintek-soshum, MTQ, tahfiz, pesantren, prestasi agama Katolik, Protestan, Hindu, Buddha. Adik-adik nanti tinggal mengupload sertifikat bukti pernah ikut lomba, piagam juara dan sebagainya," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com