Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Akademisi

Platform publikasi karya akademik dari akademisi Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk khalayak luas demi Indonesia yang semakin maju.

Hedonisme Pesta Lulusan Sekolah

Kompas.com - 20/06/2023, 16:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Dhyah Ayu Retno Widyastuti*

Beberapa pekan belakangan ini, merupakan moment bagi anak-anak maupun orangtua merayakan keberhasilan sekolah yang telah ditempuh dalam waktu yang tidak singkat.

Kondisi ini tentu masih akan berlangsung hingga beberapa waktu selanjutnya dan tampak semakin ramai.

Sejumlah tampilan konten di media sosial saat ini banyak dibanjiri dengan unggahan kemeriahan pentas seni maupun semarak puncak kelulusan yang biasa dikenal dengan wisuda.

Seolah kerinduan yang telah dinanti oleh sebagian masyarakat. Pandemi cukup lama menjauhkan aktivitas yang melibatkan interaksi banyak orang termasuk berbagai bentuk acara di sekolah.

Bila dirunut sejak pandemi terjadi dan berlangsung pembatasan jarak sosial, ini kali pertama untuk akhir semester di mana orang merasa aman tanpa dibayangi adanya penyebaran virus Covid-19.

Rasa haru, senang, bangga bisa diekspresikan secara langsung bersama teman dan keluarga.

Pelonggaran penggunaan masker seolah menandai kehidupan kembali normal sama seperti sebelum wabah menyapa kehidupan masyarakat.

Bentuk adaptasi kebiasaan baru telah ditinggalkan hingga menghadirkan euphoria yang cukup menyita perhatian banyak pihak.

Bukan hanya sekolah dan orangtua, beberapa layanan jasa seperti hotel, tour and travel, jasa catering, fotografi, dan beberapa bentuk jasa lainnya menjadi bagian esensial agar acara berlangsung lancar.

Kemasan dibingkai semenarik mungkin untuk memberi kesan istimewa bagi pesertanya.

Perubahan

Wisuda, istilah yang sudah cukup lama akrab di kehidupan masyarakat namun kini cukup menggelitik untuk mencoba diurai setelah sekian lama tenggelam dan kembali hadir.

Secara baku wisuda adalah peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat.

Bagi generasi 1990-an dan sebelumnya, wisuda akrab didengar saat prosesi keberhasilan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di jenjang perguruan tinggi.

Sekarang perayaan itu telah bergeser. Tidak sekadar capaian di level pendidikan tinggi (universitas), namun secara ekstrem telah dikemas sebagai bentuk perayaan capaian bagi jenjang Taman Kanak-kanak (TK) yang akan memasuki Sekolah Dasar (SD).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com