Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Marketplace Guru dari Kemendikbud Ristek dan Tujuannya

Kompas.com - 31/05/2023, 13:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Marketplace guru menjadi salah satu solusi yang ditawarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan guru.

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dalam rapat kerja antara Kemendikbud Ristek dan Komisi X DPR RI dan beberapa kementerian lain.

Ada tiga pilar solusi dari Kemendikbud Ristek antara lain Marketplace Guru, perekrutan oleh sekolah dan penempatan pada formasi kurang peminat.

Nadiem mengatakan, konsep Marketplace Guru adalah sebuah database atau pangkalan data yang mana semua guru yang boleh mengajar masuk dalam satu database tersebut dan bisa diakses oleh semua sekolah di Indonesia.

Baca juga: Siswa Indonesia Raih Medali Emas di Asian Physics Olympiad 2023

Penjelasan Marketplace Guru dari Kemendikbud Ristek

Melalui konsep ini, lanjut Nadiem, pola perekrutan yang semula terpusat akan diubah menjadi pengangkatan setiap saat. Seperti ketika berbelanja di marketplace.

Konsep ruang talenta guru juga memungkinkan sekolah-sekolah di Indonesia dapat merekrut guru kapan saja, sesuai formasi.

Meski demikian, formasi masih tetap ditentukan pemerintah pusat, tetapi bersifat dinamis setiap tahun tergantung jumlah siswa.

Sekolah hanya merekrut melalui Marketplace Guru. Berkenaan dengan pilar solusi kedua yakni perekrutan oleh sekolah, juga hanya dapat dilakukan melalui Marketplace guru.

Kemendikbud Ristek ini menyiapkan solusi Marketplace dengan tujuan memastikan setiap sekolah telah merekrut guru yang berkompetensi.

Anggaran gaji dan tunjangan guru aparatur sipil negara (ASN) yang saat ini ada di pemerintah daerah pun akan dialihkan ke sekolah.

"Kami akan transfer anggaran ini rekening sekolah langsung dan itu hanya boleh digunakan untuk perekrutan guru yang ada di dalam marketplace guru tadi," jelas Nadiem.

Baca juga: Pengumuman OSN SMP 2023, Cara Cek Peserta yang Lolos Tingkat Provinsi

Nadiem menambahkan, penggunaan dana dikunci hanya untuk yang benar-benar boleh menjadi guru,

Melalui Marketplace Guru, calon guru akan lebih fleksibel mendaftar dan memilih lokasi mengajar tanpa harus menunggu proses perekrutan secara terpusat.

Pemerintah juga akan memastikan keterisian formasi guru di sekolah-sekolah dengan peminat kurang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com