Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Brawijaya: Peserta UTBK SNBT 2023 Naik 12,7 Persen

Kompas.com - 09/05/2023, 15:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 di Universitas Brawijaya (UB) mengalami peningkatan sebanyak 12,7 persen atau sebanyak 21.960 peserta dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 19.487 orang.

UB menjadi penyelenggara UTBK SNBT 2023 untuk gelombang pertama di tanggal 8-14 Mei 2023.

Baca juga: Jadwal dan Biaya Kuliah UI Jalur Mandiri 2023

Pada hari pertama UTBK SNBT 2023, Senin (8/5/2023), ujian dimulai secara nasional di 74 pusat UTBK.

UB yang menjadi salah satu pusat penyelenggara UTBK, menyiapkan 1.580 komputer dan 61 ruang di 16 lokasi.

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo beserta jajaran pimpinan meninjau pelaksanaan UTBK SNBT 2023 pada hari pertama.

Lokasi yang dikunjungi, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

"Saya berharap pelaksanaan UTBK bisa berjalan lancar sehingga bisa terjaring talenta-talenta bagus yang mumpuni untuk menjadi mahasiswa," ucap dia mengutip laman UB.

Peninjauan lokasi-lokasi UTBK dilakukan bersama perwakilan Panitia SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) Dr. Tri Budi Santoso.

Baca juga: Ahli Gizi UM Surabaya Ingatkan Tak Boleh Makan Mi Instan Lebih 2 Bungkus dalam Seminggu

Dia merupakan Wakil Koordinator 1 Bidang Teknologi dan Sistem Informasi.

Tri Budi melakukan peninjauan secara mandiri sebelum bertemu dengan pihak UB.

"UB sudah mempersiapkan secara matang, mulai dari pintu masuk kita bertanya dengan sangat mudah mendapatkan informasi. Sebelum masuk ada ruang transit, itu rapi sekali, nyaman. Yang lebih penting menenangkan bagi peserta," jelas dia.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya, Prof. Imam Santoso mengatakan pelaksanaan UTBK SNBT kali ini tetap memberlakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan nasional.

Meski protokol kesehatan yang ditetapkan tidak seketat di tahun-tahun sebelumnya. Itu karena, selama dua minggu ini ada peningkatan Covid-19.

Baca juga: Rektor Unpad Beri Pesan Ini ke Peserta UTBK SNBT 2023

"Jadi kami tetap ingin memastikan peserta masuk dalam kondisi yang sehat dengan menggunakan thermal gun dan monitor pendeteksi suhu. Namun, selebihnya kami menggunakan ketentuan protokol kesehatan secara nasional," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com