Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Peserta UTBK 2023 di Unpad: Ikut Bimbel, Minta Doa Orangtua

Kompas.com - 09/05/2023, 15:42 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) telah berlangsung dua hari sejak Senin (8/5/2023). Beragam cerita terlontar dari para peserta UTBK.

Seperti cerita dari tiga orang peserta UTBK 2023 yang memilih Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai lokasi ujian misalnya. Mereka bercerita tentang persiapan untuk menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun ini.

Cerita pertama datang dari Erlina Fitria Barokah, peserta UTBK 2023 asal Kabupaten Bandung.

Dengan persiapan yang matang, Erlina bersyukur tidak menemukan hambatan dalam pengerjaan soal UTBK 2023.

Baca juga: Cerita Peserta UTBK 2023: Belajar Minimal 3 Jam Per Hari hingga Survei Lokasi

"Aku mengambil beberapa kursus. Pertama, aku ambil Kursus Bahasa Inggris selama tiga bulan. Kemudian, aku juga ambil beberapa paket belajar pada berbagai aplikasi juga,” ujarnya dalam Kanal Media Unpad, Selasa (9/5/2023).

Tak hanya memilih Unpad sebagai pusat UTBK 2023, Erlina mengatakan bahwa ia juga memilih Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis Unpad dalam UTBK-SNBT 2023.

“Aku tertarik dengan Agroteknologi Unpad untuk mengembangkan pertanian yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal,” jelasnya.

Ulhaq, peserta UTBK-SNBT asal Kuningan yang memilih pusat UTBK di Kampus Unpad juga menceritakan tentang persiapannya menghadapi UTBK 2023.

Ia mangaku melakukan berbagai persiapan sebelum mengikuti UTBK 2023, salah satunya adalah mengikuti bimbingan belajar (bimbel).

Baca juga: Psikolog Unpad Beri Tips Atasi Rasa Cemas Jelang UTBK SNBT 2023

Di samping itu, kiat Ulhaq memaknai prosesnya adalah terus meminta doa dan dukungan dari kedua orangtua.

Ada juga cerita dari Nur Paujiah. Salah satu peserta asal Sumedang mengatakan jika momen ini adalah tahun keduanya melaksanakan UTBK-SNBT di Unpad.

Pada kesempatan tahun ini, Nur memilih program studi Kimia Unpad.

“Kalau tahun kemarin, aku memilih program studi Administrasi Publik Unpad. Sementara untuk tahun ini melalui banyak persiapan yang lebih matang, aku memilih Kimia Unpad sebagai tujuanku,” ujarnya lebih lanjut.

Ia juga mengatakan kalau dirinya menyukai bentuk bangunan di Unpad, orang-orangnya sangat ramah, sehingga mendukungnya untuk merasa nyaman dalam mengerjakan soal UTBK 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com