Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Buka Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023, Kuliah Gratis S1-S3

Kompas.com - 03/05/2023, 08:09 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi membuka pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023. BPI memiliki 6 program beasiswa kuliah di luar dan dalam negeri jenjang S1 hingga S3. 

Keenam program BPI 2023 ini menawarkan pembiayaan kuliah penuh atau kuliah gratis di berbagai perguruan tinggi terbaik dalam dan luar negeri.  

BPI membuka pendaftaran per 2 mei 2023. Maka dari itu, cobalah cek mana saja program BPI 2023 yang cocok untukmu. 

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengatakan bahwa BPI Kemendikbud Ristek telah tersedia bagi calon mahasiswa jenjang S1, S2, dan S3, pendidikan profesi.

Baca juga: 5 Beasiswa S2 dan S3 ke Jepang, Uang Saku Capai Rp 384 Juta

"Lalu bagi pendidikan nongelar, pelajar berprestasi, guru, pelaku budaya, dosen dan tenaga kependidikan di kampus-kampus unggulan, baik di dalam maupun luar negeri," ungkap Nadiem, saat membuka program BPI 2023, Selasa (2/5/2023).

Nadiem mengajak semua insan pendidikan memanfaatkan BPI Kemendikbudristek ini untuk meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi serta meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sebagai bekal untuk mewujudkan cita-cita.

“Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tunjukkan bahwa anda pembelajar sepanjang hayat yang selalu semangat untuk belajar, berkarya, dan berkontribusi bagi Indonesia, “kata Nadiem.

Sementara untuk persyaratan dan apa saja program BPI 2023, dijelaskan Anton Rahmadi, Kepala BPPT terdapat 2 jadwal yang harus diketahui pelamar.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Malaysia 2023: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 11 Juta Per Bulan

Yakni, pendaftaran BPI tahun 2023 dibuka mulai tanggal 2 Mei sampai 31 Mei 2023 untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri. Sementara untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri pendaftaran dibuka sampai 30 Juni 2023.

6 Jenis Program Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Untuk beasiswa program bergelar tahun 2023 ini, berikut rinciannya:

1. Beasiswa calon guru SMK untuk jenjang S1

Program ini ditujukan pada siswa SMK yang telah diterima di program studi keahlian sesuai prioritas nasional, serta mahasiswa ongoing di LPTK maksimal semester 3 pada program studi keahlian sesuai prioritas nasional.

“Pendaftar harus berkomitmen menjadi guru SMK setelah lulus studi, dan berusia maksimal 30 tahun saat mendaftar, “ujar Anton.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang, Gratis Kuliah dan Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

2. Beasiswa bagi pelaku budaya dan penyuluh kepercayaan

Beasiswa ini dibuka untuk jenjang S1 sampai S3 bagi pelaku budaya. 

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com