Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FE UNJ Gelar Seminar Internasional dan MoU dengan Universitas Kirikkale Istanbul

Kompas.com - 18/04/2023, 07:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-18 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) bertemakan “Menuju FE UNJ Bereputasi Internasional”, FE UNJ selenggarakan dua seminar internasional pada 13 April 2023.

Dua kegiatan seminar internasional ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan live di channel Youtube FE UNJ. Pada kegiatan dua seminar internasional ini dihadiri ratusan mahasiswa dan dosen FE UNJ.

Pada seminar internasional pertama, FE UNJ bekerja sama dengan FBEA Universiti Malaysia Sabah. Narasumber pada seminar internasional pertama ini disampaikan oleh Siti Hajar Binti Samsu selaku dosen Universiti Malaysia Sabah.

Dalam seminar tersebut, Siti Hajar membahas tentang “Government Borrowing, Debt Service, Dan Debt Service Evidence From Selected Developing Countries”.

Siti Hajar menjelaskan, faktor utama yang memiliki dampak signifikan terhadap kewajiban layanan utang luar negeri diantaranya ekspor, PDB per kapita, keseimbangan fiskal, ketidakpastian politik, dan guncangan ekonomi global.

Selain itu, stabilitas dalam perekonomian domestik atau faktor internal juga menjadi faktor penting yang menentukan dalam meningkatkan kapasitas suatu negara untuk memenuhi kewajiban pembayaran utang luar negeri.

Pada hari yang sama, FE UNJ juga menyelenggarakan seminar internasional kedua dengan narasumber Prof. Mehmet Dikkaya dari Universitas Kirikkale Istanbul, Turki.

Prof. Mehmet Dikkaya membahas tentang "Economic and Political Transformation in Post –Soviet Muslim States: After Three Decades".

Dalam seminar tersebut, Prof. Mehmet Dikkaya menjelaskan tentang sejarah negara-negara muslim pasca-Soviet, transformasi ekonomi dan politik, serta transformasi kehidupan beragama stelah 3 dekade di negara-negara tersebut.

Baca juga: Seminar Nasional LPPM UNJ: PkM Harus Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat

Ia menyampaikan, berdasarkan status indeks ekonomi, pemerintah dan demokrasi rata-rata masih berada di peringkat bawah di dunia, walaupun demikian perkembangan agama islam dapat dikatakan cukup positif dan memiliki pengaruh yang kuat di ngara-negara tersebut.

Selain seminar internasional, FE UNJ juga mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Kirikkale Istanbul. Bentuk kerjasama MoU yang dijalin antara UNJ dengan Universitas Kirikkale Istanbul, diantaranya pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian bersama dan pengabdian masyarakat bersama.

Pada kegiatan MoU ini turut dihadiri dan disaksikan oleh pejabat penting dari kedua universitas, diantaranya dari UNJ dihadiri Prof. Suyono (Wakil Rektor Bidang Akademik), Prof. Agus Dudung (Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan).

Selain itu turut hadir Abdul Sukur (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Totok Bintoro (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama), Prof. Ari Saptono (Dekan FE UNJ), dan para Wakil Dekan di lingkungan UNJ.

Sementara untuk perwakilan dari Universitas Kirikkale Istanbul dihadiri Prof. Mehmet Basalan (Vice Rector of Kirikkale University), Prof. Erol Yslmaz (Vice Rector), Assist. Prof. Sevket Evci (Secretary General), Prof. Mehmet Dikkaya (Department of Economics), dan Assist. Prof. Zeynep Baser (Head of International Office).

MoU antara FE UNJ dengan Universitas Kirikkale Istanbul turut disaksikan konsulat dari kedua negara yaitu, Muhammed Kilinc (Third Secretary of the Turkish Embassy in Jakarta) dan Elizabeth Diana Dewi (Consul of Social and Cultural Affairs).

Titis Fatarina Mahfirah, Ketua Pelaksana seminar internasional FE UNJ mengatakan, kedua seminar internasional yang diselenggarakan oleh FE UNJ sangat menarik dan berhasil menarik antusiasme ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari berbagai universitas.

"Semoga kerjasama antara FE UNJ dengan universitas lain dapat terus berlanjut dan menghasilkan hasil yang bermanfaat bagi kemajuan bidang ekonomi di Indonesia dan negara lainnya," ungkap Titis Fatarina Mahfirah yang juga dosen Prodi Manajemen FE UNJ.

Baca juga: ITC Leadership Seminar Menguatkan Literasi Digital Lintas Sektor

Sementara itu, Prof. Ari Saptono selaku Dekan FE UNJ mengatakan rangkaian seminar internasional ini merupakan bagian dari acara Economics Expo yang diadakan setiap tahun untuk merayakan hari jadi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan menjadi komitmen FE untuk mengarah pada reputasi internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com