Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

I3L Raih "UI Greenmetric", Rektor: Kampus Jadi Pusat Ekonomi Hijau

Kompas.com - 01/02/2023, 19:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) meraih Best New Participating University in UI Greenmetric Ranking.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi pada pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Penilaian UI GreenMetric ini dilandasi atas tiga pilar, yaitu Lingkungan hidup, Ekonomi, dan Sosial.

Bobot indikator penilaian terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15 persen), Energi dan Perubahan Iklim (21 persen), Pengelolaan Sampah (18 persen), Penggunaan Air (10 persen), Transportasi (18 persen), serta Pendidikan dan Riset (18 persen).

Rektor I3L Katherine menyatakan, I3L terus berusaha mengembangkan berbagai infrastruktur kampus, meningkatkan kualitas pengelolaan sampah, penghematan energi, operasional kampus yang ramah lingkungan, sekolah inovatif mengintegrasikan praktik keberlanjutan dalam semua aspek program, proses, dan pengalaman siswa.

“Pengelolaan perguruan tinggi ini dilakukan untuk menjadi pusat perwujudan green economy. Dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat diupayakan dalam banyak program yang diinisiasi dosen dan mahasiswa”, tuturnya.

Katherine menyebutkan, pencapaian ini semua merupakan hasil darma I3L sejak kampus ini berdiri. Semua pihak berkontribusi untuk memenuhi tugas setiap kriteria sesuai dengan posisinya masing-masing.

Baca juga: Mahasiswi Unej Inovasi Permen Anti Karies Gigi

“Oleh karena itu, pencapaian ini bukan hanya diraih oleh Unit Pengembangan SDG I3L, melainkan juga semua pihak di Institusi ini,” ungkapnya. Katherine berharap, melalui prestasi ini seluruh warga kampus I3L semakin semangat dalam menjalani kesehariannya dengan semangat sustainability.

Sebab, menurutnya, semangat ini akan terus dipupuk untuk generasi selanjutnya dalam menjaga ekosistem lingkungan hidup. “Semua untuk keberlangsungan hajat manusia ke depannya, dengan mengurangi dampak lingkungan, sosial dan tata kelola yang negatif," tambahnya.

"Ini dilakukan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi tujuan dunia. Hal ini karena perguruan tinggi menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang menghasilkan inovasi-inovasi, termasuk inovasi teknologi, serta memiliki kesempatan untuk menerapkan ilmu dan hasil inovasinya baik di kampus maupun di masyarakat”, tuturnya.

Katherine menilai, perguruan tinggi berstandar internasional tidak hanya dilihat dari kualitas riset, publikasi ilmiah, paten, sebaran lulusan, dan prestasi dosen atau mahasiswa, namun juga ditentukan dari teknologi dan cara-cara untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Perlu diketahui bahwa belakangan ini isu seputar lingkungan menjadi perhatian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Jadi, partisipasi i3L pada UI GreenMetric menunjukkan kampus kita terus mengikuti perkembangan zaman, utamanya terhadap isu perubahan iklim," jelas Katherine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com