Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedokteran Unair Peringkat Satu Nasional THE WUR by Subject 2023

Kompas.com - 17/04/2023, 11:08 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berdasarkan pemeringkatakan yang dirilis Times Higher Education (THE) World University Rankings by Subject of Clinical and Health in The Field of Medicine and Dentistry 2023, Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) menduduki peringkat pertama secara nasional.

Fakultas tertua yang ada di Universitas Airlangga ini tak hanya berhasil meraih peringkat pertama nasional tapi juga peringkat 10 di Asia Tenggara, dan peringkat 601-800 di dunia.

Dekan Fakultas Kedokteran Unair, Prof. Budi Santoso menerangkan, dengan diraihnya peringkat ini, membuktikan bahwa FK dan FKG Unair mampu saling melengkapi sehingga dapat menjadi yang terbaik di Indonesia.

Prof. Budi Santoso menyampaikan, untuk mencapai predikat terbaik maka semua kegiatan di FK dan FKG selalu menjalin kerja sama dengan mitra luar negeri.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, Unpad, dan Brawijaya

FK Unair punya 25 adjunct professor

Hal tersebut akhirnya dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi keduanya. Di Fakultas Kedokteran, kerja sama internasional tersebut dengan mengundang sebanyak-banyaknya adjunct professor atau profesor tamu.

Ada empat tugas adjunct professor, yakni:

  • Memberikan kuliah
  • Kolaborasi dalam penelitian
  • Kolaborasi dalam publikasi
  • Menjadi promotor atau co-promotor dari staf departemen yang mengangkatnya.

"Saat ini di FK telah memiliki sebanyak 25 adjunct professor. Dan di bulan Mei nanti Insyaallah akan bertambah tiga lagi dari Leiden University," urai Prof Budi seperti dikutip dari laman Unair, Senin (17/4/2023).

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran Universitas Ahmad Dahlan Yogya 2023/2024

Prof. Budi menekankan, selain itu, syarat publikasi untuk lulusan S2, S3, SP1, dan SP2 harus secara internasional dan terindeks Scopus. Hal ini tentunya dapat mendongkrak perangkingan yang ada di FK maupun FKG.

"Program double degree yang saat ini untuk S1 dengan Melbourne juga akan diperluas dengan Western Sydney University, Chulalongkorn University, Manchester University, dan mudah-mudahan Malaysia dan Taiwan menyusul. Sehingga semua kelas internasional di FK Unair mengikuti double degree," beber Prof. Budi.

Baca juga: Beasiswa Gojek 2023 bagi Anak Mitra, Bisa Kuliah D3 Gratis

Ranking sebagai implikasi

Terkait peringkat pertama yang berhasil diraih FK dan FKG Unair, Prof. Budi menekankan, tujuan utama bukanlah untuk mengejar ranking melainkan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sebaik-baiknya.

Ranking merupakan efek samping sebagai hasil dari aktivitas terbaik perguruan tinggi. Perankingan ini hanyalah sebagai motivasi untuk memberikan yang lebih baik lagi.

"Tujuan utama kami yaitu memberikan suatu proses belajar mengajar, melakukan suatu proses penelitian termasuk publikasinya, dan melaksanakan pengabdian masyarakat dengan sebaik-baiknya. Maka perankingan tersebut akan mengikuti," imbuh Dekan FK Unair ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com