Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMUP Unpad Jalur Prestasi 2023: Ini Biaya Daftar, Syarat dan Jadwalnya

Kompas.com - 16/04/2023, 11:24 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) terdiri dari beberapa jalur. SMUP Unpad 2023 ini bisa dimanfaatkan para siswa yang tidak mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Salah satu jalur SMUP Unpad yang akan dibuka adalah SMUP Jalur Prestasi. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Unpad lewat jalur SMUP Unpad Prestasi wajib membaca informasi ini sampai selesai.

Melansir dari laman SMUP Unpad, Sabtu (15/4/2023) berikut biaya pendaftaran, syarat yang diperlukan dan jadwal pelaksanaan SMUP Unpad Jalur Prestasi.

Dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan skor prestasi atau penghargaan yang didapat sebagai komponen utama penilaian dan nilai akademik berupa nilai UTBK/SMUP sebagai komponen penilaian tambahan.

Baca juga: PPDB SD 2023: Ini yang Harus Diperhatikan Saat Daftar di Jalur Zonasi

SMUP Unpad Jalur Prestasi 2023

Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi. Peserta dapat memperbaiki dokumen selama proses pendaftaran belum ditutup. Peserta dapat mengupload kembali atau menambah data pendukung yang akan dirubah.

Program Sarjana Jalur Mandiri Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Seleksi Masuk Program Sarjana S1 Jalur Prestasi di bidang Sains, Olahraga dan Seni, dengan ketentuan sebagai berikut:

Pendaftar dapat memilih maksimal 2 program studi. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar SMUP Unpad Jalur Prestasi wajib tahu bahwa, dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat.

Kriteria kelulusan berdasarkan nilai gabungan dari peringkat prestasi tertinggi di level nasional atau internasional dari semua portofolio calon pendaftar eligible yang ada, dan nilai akademik sesuai kuota yang ada.

Baca juga: UTBK 2023 Gelombang 1 Dimulai 8 Mei, Perhatikan Materi Ujiannya

Sedangkan kuota untuk jalur prestasi maksimal sebanyak 10 persen dari total keseluruhan kouta jalur mandiri untuk masing-masing program studi.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftar jalur ini wajib membayar biaya pendaftaran ke bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online sebesar Rp 250.000.

Persyaratan umum

Berikut persyaratan umum mendaftar SMUP Unpad Jalur Prestasi 2023:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Lulusan SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2023.
  • Pendaftar Jalur Prestasi jenjang Sarjana harus memiliki nilai SNBT/UTBK 2023 atau nilai SMUP 2023.
  • Pendaftar memiliki nilai rapor mulai semester 1 – 5 bagi SMA/MA/SMK.

Persyaratan khusus

Persyaratan khusus SMUP Unpad Jalur Prestasi 2023 adalah sebagai berikut:

1. Merupakan 25 persen siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 – 5 bagi lulusan SMA/MA/ SMK (khusus pendaftar prestasi SAINS) yang ditunjukkan dengan Rapor asli.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com