Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 30 Prodi UIN Jakarta yang Bisa Dipilih di UM PTKIN 2023

Kompas.com - 11/04/2023, 14:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang tertarik kuliah di UIN Jakarta, maka bisa mendaftar melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM PTKIN 2023.

Sebab, UM PTKIN telah dibuka mulai Senin (10/4/2023). Di UIN Jakarta ada sebanyak 30 program studi (Prodi) yang ditawarkan kepada calon mahasiswa.

Informasi dari panitia SPAN UMPTKIN 2023, pendaftaran UM PTKIN dimulai 10 April hingga 15 Mei 2023 mendatang. Para siswa peminat bisa mendaftar secara daring di laman resmi UM PTKIN yakni https://um.ptkin.ac.id/

Sedang untuk syaratnya ialah tercatat sebagai siswa pada satuan pendidikan jenjang SMA/MA/SMK/Pesantren sederajat yang lulus tiga tahun terakhir atau 2021-2023.

Baca juga: 9 Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Info bagi Calon Mahasiswa

Hal itu dibuktikan dengan ijazah bagi lulusan dua tahun terakhir atau minimal memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL), pengumuman lulus, KTP, atau Kartu Siswa.

Tak hanya itu saja, siswa yang mendaftar di UM PTKIN juga wajib memiliki NISN, email aktif, dan nomor WhatsApp yang dapat dihubungi.

Untuk pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan melalui bank yang ditetapkan Panitia Nasional (Bank Mandiri).

Di jalur tersebut, siswa bisa memilih maksimal 3 program studi pada PTKIN tujuan. Proses pendaftaran dinyatakan selesai ketika peserta melakukan finalisasi pendaftarannya.

Adapun masa pendaftaran UM PTKIN berlangsung sepanjang 10 April - 15 Mei 2023. Tahap finalisasi pendaftaran bisa dilakukan sejak hari pertama pendaftaran yaitu 10 April - 16 Mei, atau satu hari setelah masa pendaftaran ditutup.

Sementara pencetakan kartu peserta ujian SSE UM PTKIN yakni 29 April, pelaksanaan ujian SSE UM PTKN sendiri berlangsung sejak 29 Mei - 8 Juni 2023. Untuk pengumuman kelulusan dijadwalkan pada 23 Juni 2023.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan UM PTKIN 2023 ini dilaksanakan langsung di PTKIN/PTN yang dipilih peserta.

Baca juga: 4 Kelebihan Politeknik daripada Universitas, Info bagi Calon Mahasiswa

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Tholabi, S.Ag., S.H., M.H., M.A., pihaknya menawarkan 30 prodi melalui jalur UM PTKIN.

"Ada 30 prodi yang kita tawarkan kepada para siswa pendaftar di jalur UM PTKIN ini," ujarnya dikutip dari laman UIN Jakarta, Senin (10/4/2023).

Di kampus tersebut kuota yang ditargetkan ialah 1.436 mahasiswa baru dari jalur UM PTKIN.

30 prodi UIN Jakarta jalur UM PTKIN

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com