Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Asal Aceh Buka Puasa di Rumania, Coba Masakan Tradisional Mirip Bakso

Kompas.com - 05/04/2023, 09:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjalankan ibadah puasa di tempat kelahiran tentu sudah biasa. Tetapi bagaimana rasanya jika berpuasa di negara orang?

Hal ini yang dirasakan oleh Ilham Catur Fhata, mahasiswa asal Aceh Kota Langsa yang berpuasa di Rumania, tempat dia kini sedang kuliah di luar negeri.

Ilham yang kuliah S2 di Ovidius University of Constanta Rumania dan tinggal di daerah Canstata menceritakan bahwa ramadhan di Rumania punya cerita menarik.

Sebab, Constanta merupakan judet (provinsi) dengan penduduk muslim terbanyak di Rumania, dengan berdiri kokohnya masjid peninggalan kekaisaran ottoman pada masa kejayaannya di abad ke-16.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Indonesia Kuliah di Rumania, Naik Kereta Dapat Diskon

"Teritorial Dobrogea atau yang sudah terpisah menjadi dua judet di Rumania yaitu Constanta dan Tulcea tetap menjadi tempat favorit umat muslim untuk bermukim," ujarnya, Selasa (4/4/2023).

Dikatakan, ada sekitar 7 masjid yang berdiri kokoh di kota Constanta yaitu, Hunkiar Mosque, Carol I Mosque, Geamia Coiciu, Geamia Kumluk, Anadolu Mosque, Islamic Cultural Center of Constanta.

Serta beberapa bangunan berupa tempat ibadah juga foundation umat muslim yaitu Romanya Islami hizmetler vakfi dan Centrul de Cultura si Educatie A.M.R.

Sebagai pelajar atau mahasiswa Indonesia yang merindukan nuansa bulan suci Ramadhan seperti di Indonesia, ia menjalankan ibadah puasa sebagai mana mestinya dengan mencari tempat berbuka bersama dengan umat muslim lainnya.

Salah satu tempat yang menarik dan hangat untuk berbuka puasa yaitu di Centrul de Cultura si Educatie A.M.R.

Yang mana tempat itu menyediakan tempat untuk berbuka bersama dari berbagai bangsa seperti Turki, Tatar, dan Arab.

Baca juga: Mahasiswi S2 Ini Coba Buka Puasa di Novi Pazar Serbia, Bukbernya Sedikit Berbeda dengan Indonesia

Menariknya, ia bisa mengobati rasa kangen dengan masakan Indonesia yakni saat menyantap salah satu masakan tradisional Rumania, yaitu Ciorba.

Sebab, masakan ini mengingatkan Ilham dengan makanan bakso. Ciorba adalah masakan sejenis sup dan terdiri meatballs (bakso), nasi, dengan bumbu khasnya.

"Karena ada meatballs jadi masakan ini bisa memanjakan lidah saya hingga terbayangkan akan bakso di Indonesia," tutur dia.

Saat di Rumania, Ilham menjalankan ibadah puasa saat musim semi. Puasa di Constanta terpaut waktu pada awal sampai akhir ramadhan sekitar 14-15 jam.

Yang mana pada hari pertama ramadhan waktu subuh pukul 04.27 dan magrib 18.27 malam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com