Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Cara Daftar Ulang Jalur SNBP 2023 di UB

Kompas.com - 29/03/2023, 11:03 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Universitas Brawijaya pada tahun 2023 bisa segera melakukan daftar ulang.

UB menyatakan bagi siswa yang dinyatakan lolos seleksi SNBP 2023 sebagai calon mahasiswa di Universitas Brawijaya WAJIB melakukan pemberkasan online tepat pada 3 April 2023 mendatang.

Baca juga: Hapus Tes Calistung Masuk SD, Nadiem Sebut 4 Fokus Pembelajaran PAUD

Selain itu, calon mahasiswa baru perlu mempersiapkan dokumen daftar ulang dan

Cara daftar ulang UB jalur SNBP 2023

Pemberkasan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id mulai tanggal 3 April 2023 pukul 10.00 WIB sampai dengan 14 April 2023 pukul 23.59 WIB dengan cara membuat akun baru dengan menggunakan alamat email yang valid (Disarankan menggunakan email google (gmail)).

Kemudian login pada laman https://admisi.ub.ac.id dan lakukan verifikasi pemberkasan SNBP dengan memasukkan nama, nomor pendaftaran, dan tanggal lahir sesuai dengan pendaftaran SNBP.

Seluruh calon mahasiswa baru termasuk calon mahasiswa pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) wajib memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan Universitas Brawijaya. Adapun beberapa persyaratan pemberkasan antara lain:

1. Foto diri

  • Foto diri telah tersedia pada laman https://admisi.ub.ac.id sesuai isian pada saat pendaftaran SNBP 2023. Ketentuan foto diri adalah posisi foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi (bagi yang berjilbab wajib menyesuaikan) dengan ukuran 4×6 dengan latar belakang polos warna merah.
  • Jika terdapat foto diri yang dirasa tidak sesuai, atau ingin melakukan perubahan foto diri dapat mengunggah foto yang sesuai melalui aplikasi Admisi.

2. Berkas Rapor

  • Calon mahasiswa wajib mengunggah scan fotokopi rapor semester 1 s.d 5 sesuai dengan yang telah diisikan di PDSS.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat dan Terfavorit UB di UTBK SNBT 2023

3. Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

  • Calon mahasiswa yang diterima di program studi pada fakultas non kesehatan (selain FK, FKG, FKH, dan FIKES) wajib mengunggah SKBN dengan minimal 3 parameter.
  • Penentuan jenis zat tergantung pada lokasi pemeriksaan (sebagai contoh SKBN memuat hasil tes bebas dari zat Amphetamine (AMP), Methamphetamine, dan Benzodiazepine).
  • Surat keterangan bebas narkoba wajib ditandatangani oleh dokter pemeriksa disertai stempel basah, atau dapat dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE).
  • Surat keterangan bebas narkoba wajib ditandatangani oleh Dokter pemeriksa disertai stempel basah.
  • Lokasi pemeriksaan dapat dilakukan di RS Kepolisian, Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Swasta, BNN, Puskesmas, Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas dalam mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba.

4. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna (hanya untuk program studi yang mensyaratkan):

  • Calon mahasiswa yang diterima di program studi non kesehatan (selain FK, FKG, FKH, dan FIKES) namun diterima pada program studi yang mensyaratkan tidak buta warna atau memperbolehkan buta warna parsial, WAJIB mengunggah surat keterangan pemeriksaan buta warna.
  • Surat keterangan wajib ditandatangani dokter pemeriksa disertai stempel basah. Lokasi pemeriksaan dapat dilakukan di Dokter Spesialis Mata, Rumah Sakit Umum Daerah Milik Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, Rumah Sakit Swasta,Puskesmas/Fasilitas Kesehatan, Laboratorium yang berwenang dan memiliki legalitas untuk mengeluarkan surat keterangan pemeriksaan buta warna.
  • Apabila hasil tes buta warna ternyata tidak memenuhi syarat program studi, mahasiswa wajib melakukan konfirmasi melalui Halo SELMA (https://haloselma.ub.ac.id) dengan subyek “Konfirmasi hasil tes buta warna”.
  • Daftar syarat program studi dapat diakses pada tautan berikut: https://selma.ub.ac.id/program-studi-sarjana-dan-diploma-universitas-brawijaya-2023/

5. Hasil Tes Kesehatan dan Tes Psikologi

Calon mahasiswa yang diterima pada program studi di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Ilmu Kesehatan melaksanakan Tes Kesehatan dan Tes Psikologi yang dilaksanakan di domisili masing-masing sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang akan diumumkan kemudian, dengan jadwal:

  • 29 Maret – 14 April 2023: Pemeriksaan Kesehatan di lokasi/domisili masing-masing
  • 1 – 14 April 2023: Upload (softcopy) dan mengirim berkas (hardcopy)
  • 14 –20 April 2023: Verifikasi oleh tim Tes Kesehatan
  • 5 Mei 2023: Pengumuman hasil tes kesehatan di selma.ub.ac.id

6. Pengumuman Tes Kesehatan

Calon Mahasiswa FK, FKG, FKH, FIKES jalur SNBP 2023 bisa dicek di laman
https://selma.ub.ac.id/pengumuman-tes-kesehatan-dan-tes-psikologi-calon-mahasiswa-fk-fkg-fkh-dan-fikes-ub-jalur-snbp-2023/

7. Wajib mengisi pernyataan kebenaran pengisian data penghasilan penanggung biaya pendidikan yang ada pada laman https://admisi.ub.ac.id.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com