Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Maret, 6 Program Beasiswa bagi Mahasiswa UGM

Kompas.com - 13/03/2023, 11:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Pada Maret 2023 ini, ada 6 program beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Adapun beasiswa itu ialah beasiswa Bank Indonesia untuk skema unggulan dan skema reguler dengan kuota 130 mahasiswa.

Beasiswa PT Indomegah Sehat dengan kuota 24 mahasiswa, dan beasiswa Bank OCBC NISP Syariah dengan kuota 10 mahasiswa. Selain itu terdapat beasiswa Tenaris Roberto Rocca dengan kuota 14 mahasiswa serta beasiswa VDMI.

Menurut Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Sindung Tjahyadi, sejak awal 2023 hingga Maret ini pihaknya telah mengelola lebih dari 90 kenis beasiswa mahasiswa.

Baca juga: Penelitian Mahasiswa S3 UGM: Remaja Perempuan Merokok karena Hal Ini

Untuk totalnya mencapai Rp 78.645.363.000. Beasiswa ini diberikan kepada 7.894 mahasiswa program sarjana terapan, sarjana, serta pascasarjana, sebagai bentuk perhatian dan dukungan UGM kepada para mahasiswa.

"Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang sangat memperhatikan mahasiswa berekonomi lemah dan memiliki prestasi yang tinggi," ujarnya dikutip dari laman UGM, Senin (13/3/2023).

"Salah satu bentuk perhatian dan bentuk nyata dari usaha yang dilakukan UGM itu adalah pemberian beasiswa," imbuh dia.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian UGM yang selalu membuka akses pendidikan seluas-luasnya untuk segenap anak bangsa yang berprestasi untuk bergabung di dalamnya.

"Tidak berarti bahwa universitas ini hanya untuk golongan orang-orang kaya sedangkan masyarakat yang tidak mampu secara finansial tidak dapat mengenyam pendidikan tinggi di UGM," terangnya.

Tahun lalu nilai beasiswa Rp 300 miliar lebih

Sedangkan pada 2022, UGM mampu menyediakan 192 jenis beasiswa dengan nilai sebesar Rp 304.619.659.421 yang disalurkan untuk 14.122 mahasiswa.

Dana tersebut berasal dari internal UGM, yayasan UGM, alumni UGM, serta para mitra UGM yang terdiri atas mitra pemerintah, BUMD, BUMN, maupun mitra luar negeri.

Baca juga: Kuliah Umum UGM: Limbah Tambang Freeport Diolah Jadi Bahan Konstruksi

Sementara Direktorat Kemahasiswaan UGM mengelola beasiswa bagi mahasiswa program Sarjana dan Sarjana Terapan meliputi enam kategori beasiswa, yaitu:

1. beasiswa tidak mampu

2. beasiswa berprestasi tidak mampu

3. beasiswa ikatan dinas

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com