Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perguruan Tinggi NU Direncanakan Akan Dibangun di IKN

Kompas.com - 24/02/2023, 17:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) bersama Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) membahas rencana pembangunan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) di Ibu Kota Negara (IKN).

Pembahasan ini terungkap dalam audiensi pengurus LPTNU dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta.

Baca juga: Anak Pejabat Ditjen Pajak, Mario Dandy Bukan Lulusan SMA Taruna Nusantara

"Kemenag mendukung rencana pembangunan kampus Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) di Ibu Kota Negara (IKN). Ini langkah yang tepat dan PTNU akan menjadi perguruan tinggi pertama yang akan hadir di Ibu kota Negara," ucap dia dalam keterangannya mengutip laman Kemenag, Jumat (24/2/2023).

Anggota pengurus LPTNU sekaligus Panitia Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) yang hadir dalam audisensi, yakni Prof. Dr. Dede Rosyada, Dr. Rizkon Halalsyah Aji, Dr. A. Luthfi Hamidi, Ruchman Basori serta Rektor Universitas Terbuka.

Hadir mendampingi Menag, Staf Khusus Wibowo Prasetyo, Abdul Rochman dan Sesmen Sidik Sisdiyanto.

"Kemenag siap berkolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam rencana pembangunan kampus PTNU," sambung Menag.

Selain pembangunan kampus PTNU di IKN, dalam pertemuan tersebut juga dibahas rencana Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) pada 8 Maret 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Sekretaris Panitia Rekanernas LPT-PBNU Rizkon Halalsyah mengatakan rakernas nanti akan mengusung tema Merawat Jagat, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

"Dalam Rakernas akan dibahas sejumlah agenda di antaranya kurikulum Ahlussunnah wal Jamaah dan Moderasi Beragama, tata kelola perguruan tinggi, fokus riset dan pengembangan teknologi, serta perluasan jaringan nasional dan global," ujarnya.

Dia menambahkan, Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma'ruf Amin direncanakan hadir dalam pembukaan Rakernas.

"Audiensi ini sekaligus mengundang Bapak Menteri Agama untuk berkenan hadir sebagai pembicara seminar nasional bersama Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf," harap Rizkon Halalsyah.

Baca juga: Universitas Prasetiya Mulya Resmi Keluarkan Mario Dandy Satrio

Sebelumnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga telah meminta jajaran Kantor Wilayah Kalimantan Timur untuk mendukung pembangunan Madrasah Terpadu di Ibu Kota Negara (IKN).

Yaqut berharap madrasah tersebut bisa terealisasi tahun 2023.

"Beberapa hari lalu diminta Presiden membuat sekolah terpadu di IKN, dari Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah. Saya sudah minta Dirjen Pendis untuk segera ditindaklanjuti," kata dia.

Dia meminta Kepala Kantor Wilayah Kaltim untuk segera berkoordinasi terkait pembangunan tersebut, baik dari segi penganggaran, lokasi, dan beberapa hal teknis lainnya.

"Karena harus terealisasi tahun ini, saya harapkan untuk bertindak cepat," ucap pria yang akrab disapa Gus Men ini.

Dia juga meminta para pimpinan di Wilayah Kalimantan Timur untuk mendukung apa yang diperintahkan Presiden Jokowi.

Baca juga: Kemenag Akan Bangun Madrasah Terpadu di IKN

"Tahun ini tinggal 10 bulan lagi, jadi semua harus bergandengan tangan agar mampu merealisasikan tugas dari Presiden," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com