Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka 5 Jalur Masuk Mahasiswa Baru 2023, Sediakan 9.302 Kuota

Kompas.com - 22/02/2023, 09:57 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Kompas.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka lima jalur untuk penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2023. Pada tahun ini, UGM menawarkan 91 Program Studi (Prodi).

Lima jalur masuk yang dibuka UGM di tahun 2023 yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Mandiri, Penelusuran Bibit Unggul (PBU), dan International Undergraduate Program (IUP).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Gandes Retno Rahayu.  Ia mengatakan, ada beberapa jalur yang bisa ditempuh calon mahasiswa yang akan memilih UGM di tahun 2023.

"Ada beberapa macam, yang pertama ada Penelusuran Bibit Unggul (PBU) itu ada PBU tidak mampu yang kurang beruntung secara ekonomi, PBU berprestasi yaitu apakah olimpiade sains, olahraga, seni, kemudian ada juga PBU Kemitraan dan untuk Sarjana Terapan/D4 ada PBU SMK," tutur Prof. Gandes pada Live Youtube UGM Update Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, Senin (20/2/2023).

Baca juga: Kemendikbud Tegaskan Batas Pendaftaran SNBP 2023 pada 28 Februari

Untuk International Undergraduate Program (IUP), jelas dia, melibatkan 10 Fakultas dan 16 Program Studi yang ada di UGM dengan melalui tiga gelombang.

"Program IUP nanti akan ada tiga gelombang, untuk mengakomodasi aksesibilitas keberagaman yang lebih baik itu kita sudah menyepakati di tiga gelombang itu nanti ada yang bersifat luring di gelombang 1, gelombang 2 secara daring, lalu gelombang 3 akan luring kembali," tutur Prof. Gandes.

Fakultas dan jurusan yang terlibat untuk program IUP adalah seperti Fakultas Biologi dengan jurusan Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan jurusan Akuntansi dan Manajemen Ilmu Ekonomi. Fakultas Hukum dengan jurusan Hukum, Fisipol dengan jurusan Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Manajemen dan Kebijakan Publik, FKKMK dengan jurusan Kedokteran dan Farmasi.

Fakultas Geografi dengan jurusan Geografi Lingkungan, MIPA dengan jurusan Elektronika dan Instrumentasi, Ilmu Komputer, dan Kimia, Fakultas Peternakan dengan jurusan Ilmu dan Industri Peternakan, dan yang terakhir Fakultas Psikologi dengan jurusan Psikologi.

Baca juga: 91 Jurusan Kuliah UGM di Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

Adapun prosentase penerimaan di UGM sesuai dengan SK Rektor yang berlaku yaitu untuk SNBP ada 30 persen atau 2.802 dari total kuota, kemudian SNBT juga 30 persen atau 2.802 peserta, dan Mandiri 40 persen atau 3.698 peserta.

Prof. Gandes juga menambahkan bahwa UGM merencanakan kuota total 9.302 pendaftar untuk tahun 2023.

"Untuk tahun 2023, UGM merencanakan kuota total 9.302, jadi jika tadi kita plotting 30 persen, 30 persen, 40 persen, maka SNBP 2.802, SNBT 2.802 sekitar itu, dan UM 3.698. Nanti kalau ingin melihat prodi yang diminati dan berapa kuotanya, bisa dilihat di laman um.ugm.ac.id," tutur Prof. Gandes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com