Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2023, 20:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan kesempatan bagi sekolah selama 2x24 jam untuk menyelesaikan proses Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dalam Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023.

Kesempatan tersebut diberikan mulai Senin (19/2/2023) pukul 15.00 WIB hingga Rabu (22/2/2023) pukul 15.00 WIB.

Baca juga: 10 Jurusan Unand Punya Daya Tampung Besar di SNBP 2023

Tercatat hingga 9 Februari 2023 sebanyak 18.554 sekolah telah melakukan finalisasi PDSS dan 1.387 sekolah belum melakukan proses finalisasi.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam mengingatkan kepada seluruh kepala sekolah dan operator sekolah agar tidak mengabaikan kesempatan ini karena akan berdampak pada para siswa.

"Mohon agar diperhatikan dan serius serta dilakukan dengan penuh tanggung jawab," kata dia mdalam keterangannya dikutip Selasa (21/2/2023).

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati menegaskan, Kemendikbud Ristek mengeluarkan kebijakan ini untuk melindungi para siswa yang berhak mengikuti SNBP.

Kiki juga mengimbau kepada masyarakat atau orang tua siswa agar bersama-sama untuk mengingatkan sekolah supaya segera menggunakan kesempatan untuk menyelesaian proses PDSS.

"Mohon sekolah agar segera memasukkan data ke sistem karena akan berdampak langsung bagi siswa," tutur Kiki.

Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB, Budi Prasetyo Widyobroto menekankan kepada sekolah untuk menggunakan kesempatan tersebut.

"Tolong manfaatkan waktu yang diberikan 2 x 24 jam tersebut, karena setelahnya tidak ada penambahan waktu lagi. Kami harus melanjutkan proses seleksi sesuai jadwal," jelas dia.

Baca juga: Beasiswa Kaltim Tuntas dengan Anggaran Rp 375 Miliar, Ini Syaratnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com