Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keuntungan Kuliah Jurusan Agribisnis, Mau Daftar di SNBP-SNBT 2023?

Kompas.com - 21/02/2023, 12:42 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Agribisnis bisa menjadi salah satu pilihan calon mahasiswa saat mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) maupun jalur Mandiri.

Meski tak sepopuler jurusan Teknik maupun Kedokteran, lulusan jurusan Agribisnis ini juga punya prospek kerja yang luas.

Melansir dari laman salah satu perguruan tinggi swasta di Sumedang, Jawa Barat Masoem University, Selasa (21/2/2023) Agribisnis adalah salah satu jurusan yang memiliki peran sangat penting di masyarakat.

Jurusan Agribisnis mengkaji dan mempelajari upaya manusia untuk mengembangkan sumber daya alam dan juga lingkungan yang ada dengan sebaik mungkin dan se-efisien mungkin. Hal ini bertujuan agar memiliki nilai dayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Baca juga: Cek 10 Jurusan ISBI Bandung dan Daya Tampungnya di SNBP-SNBT 2023

Keuntungan kuliah jurusan Agribisnis

Mahasiswa yang kuliah di jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu yang bisa langsung mempraktikkannya dengan pendekatan biologis.

Seperti teknik pengembangan budidaya tanaman, mengenal jenis tanaman dan ternak sampai ke mikroorganisme.

Selain itu mahasiswanya juga diajari untuk melakukan konservasi lingkungan agar bisa memanfaatkan lahan yang ada serta bisa memberikan mafaat untuk lingkungan sekitar juga.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh setelah lulus dari jurusan Agribisnis. Lulusan jurusan Agribisnis banyak dicari instansi baik swasta maupun negeri.

Jika kamu tertarik memilih jurusan Agribisnis di SNBP 2023 maupun UTBK SNBT 2023, berikut 5 keuntungan kuliah di jurusan Agribisnis:

1. Banyak lapangan pekerjaan

Instansi pemerintahan maupun swasta banyak mencari lulusan Agribsnis untuk mengembangkan usahanya, salah satunya adalah di bidang pertanian. Saat berada di dunia kerja, lulusan Agribisnis bisa ditempatkan untuk posisi seperti untuk pengawas benih tanaman, pengendali organisme, pengawas hasil mutu panen dan lain sebagainya.

Baca juga: Ditutup 22 Februari, Perhatikan 13 Tahap Lakukan Finalisasi PDSS 2023

2. Pengembangan usaha mandiri

Lulusan Agribisnis sangat diuntungkan karena tinggal di Indonesia. Pasalnya Indonesia memiliki lahan yang begitu luas dan subur untuk dikelola dengan sebaik mungkin. Sehingga bisa menjad peluang besar untuk lulusan jurusan Agribisnis.

Lulusan jurusan Agribisnus punya kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis pertanian yang didukung dengan ilmu yang dimiliki. Seperti budidaya jamur enoki, budidaya tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan lain sebagainya.

3. Peran besar di masyarakat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com