Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dulu Daftar Beasiswa LPDP 2023 atau Kampus? Simak Jawabannya

Kompas.com - 18/02/2023, 09:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 tahap 1 masih dibuka hingga 25 Februari 2023.

Setelah pendaftaran LPDP 2023 tahap 1 ditutup, mahasiswa masih bisa memanfaatkan program beasiswa dari pemerintah ini dengan mendaftar beasiswa LPDP 2023 tahap 2 yang dibuka 9 Juni hingga 9 Juli 2023 mendatang.

Mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa LPDP 2023 tak sedikit yang bertanya, lebih baik mendaftar beasiswa LPDP 2023 dulu atau mendaftar ke kampus dulu agar punya Letter of Acceptance (LoA) Unconditional?

Melansir dari akun Instagram resmi @lpdp_ri, Jumat (17/2/2023), LPDP memberikan jawaban apa yang harus dilakukan mahasiswa yang akan mendaftar beasiswa LPDP 2023.

Baca juga: 413 Awardee LPDP Enggan Pulang ke Indonesia, Sosiolog: Fenomena Brain Drain

Daftar kampus dulu atau daftar LPDP 2023 dulu?

Baik yang sudah punya LoA Unconditional atau yang belum, ternyata sama-sama punya kesempatan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2023.

Bedanya, bagi pendaftar yang sudah punya LoA Unconditional bisa langsung mengikuti Tes Substansi atau melewatkan Tes Bakat Skolastik.

Sedangkan pendaftar yang belum punya LoA, bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti Tes Bakat Skolastik.

Dalam postingan di @lpdp_ri juga disampaikan, solusi bagi mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos LPDP namun belum juga punya LoA Unconditional.

Sesuai ketentuan, LPDP akan memberi waktu selama 18 (delapan belas) bulan bagi Calon Penerima Beasiswa untuk segera mencari LoA.

"Jangan lupa, LoA Unconditional yang dimaksud WAJIB dari universitas yang ada dalam list perguruan tinggi tujuan LPDP ya #LPDPrens," tulis admin @lpdp_ri seperti dikutip, Jumat (17/2/2023).

Baca juga: 20 Kampus Top Dunia Jurusan IT, buat Daftar Beasiswa LPDP 2023


Baca juga: Beasiswa Cendekia Muda 2023 bagi SMA-S3, Total Beasiswa Rp 12 Juta

Sebagai bentuk keberpihakan terhadap kelompok afirmasi Penyandang Disabilitas, LPDP membebaskan Tes Bakat Skolastik bagi mereka.

Artinya, bagi Penyandang Disabilitas sudah punya LoA Unconditional atau belum, sama-sama bisa langsung mengikuti Tes Substansi.

Berikut penjelasan singkat LPDP mengenai ketentuan alur seleksi beasiswa LPDP 2023.

1. Pendaftaran beasiswa melalui link beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id

2. Seleksi administrasi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com