Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan TOEFL ITP, PBT, IBT, Lengkap dengan Biaya Tes

Kompas.com - 22/01/2023, 08:46 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak beasiswa dibuka awal tahun 2023 ini, terutama beasiswa Lembaga Pengelola Dana Keuangan atau LPDP. Beasiswa LPDP tahap 1 akan dibuka mulai Februari 2023 dengan salah satu syaratnya ialah memiliki sertifikat bahasa TOEFL.

Selain TOEFL, sertifikat yang umumnya menjadi syarat mendaftar beasiswa adalah TOEFL, IELTS dan TOEIC. Dari ketiga sertifikat ini, yang banyak digunakan adalah TOEFL.

TOEFL sendiri adalah tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional yang biasanya digunakan sebagai persyaratan kuliah di luar negeri atau melamar pekerjaan di perusahaan internasional.

Baca juga: Cek Syarat, Cara Daftar dan Jadwal Beasiswa LPDP yang Dibuka Februari 2023

Tes ini memiliki beberapa jenis antara lain, yaitu TOEFL ITP, TOEFL PBT dan TOEFL IBT. Ketiga jenis TOEFL tersebut mempunyai fungsi dan cara tes yang berbeda. Tahukah kamu apa perbedaan TOEFL ITP, PBT dan IBT?

Dilansir dari laman penyedia layanan kursus Bahasa Inggris dan persiapan kuliah ke keluar negeri, Titiknolenglish, berikut perbedaan TOEFL ITP, TOEFL PBT dan TOEFL IBT:

TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL ITP adalah singkatan dari Institutional Testing Program. Tes kemampuan bahasa Inggri ini diperlukan hanya untuk keperluan institusional saja.

Misalnya seperti pendaftaran beasiswa, atau pendaftaran masuk universitas. Beberapa jenis beasiswa yang menggunakan TOEFL ITP sebagai syarat penerimaannya antara lain seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Australia Awards Scholarship (AAS), Fulbright Scholarship dan masih banyak lagi.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 China: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 228 Juta Per Tahun

Berapa biaya TOEFL ITP? Biaya tes TOEFL ITP ini cenderung murah yaitu berkisar Rp 500.000 saja.

Meskipun begitu, perlu diketahui mahasiswa bahwa hasil tes TOEFL jenis ini hanya berlaku untuk institusi di dalam negeri dan beberapa negara di Asia.

Jadi jika daftar beasiswa luar negeri biasanya peserta akan disarankan untuk mengikuti tes TOEFL jenis lainnya yaitu IBT.

Materi tes TOEFL ITP meliputi 3 bagian, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression dan juga Reading Comprehension. Peserta diberikan waktu menjawab seluruh pertanyaan kurang lebih selama 2 jam.

Baca juga: Biaya Tes TOEFL, IELTS dan TOEIC

TOEFL PBT (Paper Based Test)

TOEFL PBT adalah singkatan dari Paper Based Test. Tes ini menekankan pada kemampuan peserta terhadap Grammar.

Total nilai tertinggi TOEFL jenis ini adalah 677 poin. Meskipun peserta mampu menggunakan, memahami dan menulis dengan baik, belum menjamin akan mendapatkan skor tinggi pada tes ini.

Dalam tes TOEFL PBT, peserta harus mampu menulis, memahami dan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai dengan struktur dan aturan dalam grammar yang berlaku.

Jadi bisa dibilang, PBT merupakan salah satu jenis tes TOEFL yang paling sulit ditaklukkan jika tak punya persiapan yang matang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com