Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18.964 Mahasiswa UGM Peroleh Beasiswa Pendidikan

Kompas.com - 19/01/2023, 17:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) terus berkomitmen untuk meningkatkan akses pendidikan terhadap mahasiswa kurang mampu untuk bisa mengenyam kuliah di kampus UGM.

Keterbatasan ekonomi tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa bisa menikmati pendidikan tinggi di kampus biru ini.

Baca juga: UGM Punya Guru Besar Pertama Teknik Geodesi

Setiap tahun, UGM mengalokasikan dana beasiswa hingga ratusan miliar yang diperuntukan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dari sisi ekonomi.

Mereka yang kurang mampu namun memiliki prestasi akademik dan mahasiswa yang sudah mendapat beasiswa dari program Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP Kuliah).

Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr. Sindung Tjahyadi menyampaikan, UGM setiap tahun mengalokasikan ratusan miliar untuk pemberian beasiswa dengan menghimpun berbagai mitra baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

Pada tahun 2022, kata Sindung, UGM mengalokasikan sebanyak Rp 30,5 miliar dana beasiswa yang diperuntukan bagi 18.964 mahasiswa.

"Dana beasiswa ini dihimpun dari 165 mitra dalam bentuk 192 jenis beasiswa," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (19/1/2023).

Menurut Sindung, jumlah nominal beasiswa yang dikelola oleh UGM bertambah dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2020 jumlah dana beasiswa yang dihimpun mencapai Rp 274,6 miliar, lalu meningkat menjadi Rp295,4 miliar pada tahun 2021.

"Dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat bahkan mitranya pun makin bertambah," kata dia.

Lembaga mitra yang memberikan beasiswa tersebut berasal dari instansi pemerintah, instansi swasta, yayasan, BUMN, BUMD, alumni, pribadi, dan dari UGM sendiri hingga dari perguruan tinggi luar negeri.

Baca juga: Fenomena Pengemis Online, Pakar Unair: Jangan Korbankan Orangtua

Sindung menjelaskan penerima beasiswa untuk mahasiswa dari program Sarjana dan Diploma diberikan dalam bentuk tiga kategori, yakni:

  • Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi yang kurang mampu.
  • Beasiswa mahasiswa yang kurang mampu.
  • Beasiswa kemitraan melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

"Tidak ada alasan bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk tidak melanjutkan pendidikannya di UGM hingga selesai," tutur dia.

Sedangkan jenis beasiswa bagi mahasiswa program Pascasarjana berasal dari berbagai sumber mitra pemberi beasiswa.

Tercatat ada 26 mitra pemberi beasiswa untuk mahasiswa program pascasarjana mulai dari lembaga pemerintah, swasta, dan pihak yayasan.

Menjawab pertanyaan tentang jumlah mahasiswa penerima beasiswa mahasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah setiap tahunnya, Sindung menjawab ada sebanyak 1.882 orang mahasiswa yang mendapat beasiswa KIP Kuliah pada 2022.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN atau SNBP 2023, Mulai Rp 0

"Jumlahnya berkisar di angka tersebut, tercatat total jumlah penerima beasiswa bidikmisi sejak 2010 lalu hingga sekarang sebanyak 15.656 orang," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com