Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog Unpad: Pilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi, Minat, dan Bakat

Kompas.com - 17/01/2023, 14:14 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah adalah suatu tahapan yang harus dilalui calon mahasiswa baru yang ingin kuliat lewat jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

SNPMB 2023 terdiri dari beberapa jalur yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 dan jalur Mandiri 2023.

Sehingga memilih jurusan kuliah yang tepat perlu dilakukan para calon mahasiswa. Memilih jurusan kuliah harus banyak pertimbangan. Salah satunya memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

Jangan sampai memilih jurusan kuliah karena hanya ikut-ikutan teman dan berujung menyesal karena memilih bidang ilmu yang tidak sesuai dengan potensi, minat, dan bakatnya.

Baca juga: Biaya Masuk Unpad Jalur SBMPTN atau SNBT 2023, Calon Mahasiswa Cek

Calon mahasiswa perlu tahu prodi yang ingin dipilih

Kepala Divisi Layanan Pusat Inovasi Psikologi Unpad Anggit Sukmawati menjelaskan, perjalanan mencari jurusan kuliah yang tepat memang sebetulnya intinya ada dua, yaitu:

1. Mengidentifikasi dan menelusuri bakat dan minat

2. Mengeksplorasi tujuan atau program studi yang ingin dicapai.

Psikolog anak dan remaja ini menerangkan, calon mahasiswa mulai dari sekarang untuk mencari tahu program studi yang ingin dituju.

Pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai saluran informasi, mulai dari melihat website, YouTube, atau bertanya langsung ke pihak kampus.

"Kita bisa menemukan kecocokan kalau misalnya antara potensi kita sesuai dengan jurusan terhadap profil program studi yang akan kita tuju," urai Anggit seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Ini Syarat Besaran Gaji Orangtua untuk Daftar KIP Kuliah

Bisa minta bantuan pihak profesional

Menurut dia, untuk berdiskusi dengan minat dan bakat, calon mahasiswa juga dapat meminta bantuan ke pihak profesional.

Salah satunya dapat menghubungi Pusat Inovasi Psikologi Unpad sebagai layanan psikologi kepada masyarakat umum.

Anggit mengungkapkan, pendampingan psikolog tersebut diantaranya, penelusuran minat dan bakat dengan memberikan gambaran obyektif melalui tes psikologi dan konsultasi langsung dengan psikolog.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com