Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skema Baru Tes UTBK SNBT di Seleksi Masuk PTN 2023

Kompas.com - 12/01/2023, 07:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada perubahan sistem pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau saat ini disebut dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 yang pendaftarannya akan dibuka 23 Maret 2023 mendatang.

Perubahan sistem UTBK ini sudah disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim dalam launcing Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) beberapa waktu silam.

Para calon mahasiswa tentu harus tahu, apa saja perubahan sistem UTBK 2023 atau SNBT 2023 agar tidak salah mempersiapkan diri.

Berikut rangkuman perubahan sistem UTBK 2023 atau SNBT 2023 yang perlu diketahui para calon mahasiswa.

Baca juga: Pendaftaran UTBK SNBT 2023 Dibuka 23 Maret: Cek Biaya dan Syaratnya

Perubahan sistem UTBK 2023 atau SNBT 2023

1. Materi tes UTBK 2023

Pada UTBK 2023 atau SNBT 2023, perubahan besar yang terjadi yakni ditiadakannya Tes Kemampuan Akademik (TPA). Sehingga pelaksanaan UTBK SNBT 2023 hanya dengan Tes Skolastik (TPS) dengan tes yang mengukur:

a. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

b. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

c. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Baca juga: Registrasi Akun SNPMB 2023, Siswa Pastikan Email Aktif untuk Verifikasi

2. Pemilihan jurusan SNBT 2023

Perubahan sistem UTBK 2023 atau SNBT 2023 berikutnya adalah tidak ada tes campuran untuk peserta lintas minat.

Semua peserta diperbolehkan memilih jurusan sesuai dengan bakat dan minatnya, tidak terbatas pada rumpun IPA/IPS/Bahasa saat berada di jenjang sekolah menengah atas.

Dalam aturan pemilihan jurusan di UTBK 2023 atau SNBT 2023, setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN. Atau dengan menerapkan asas Merdeka Bertanggung jawab.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com