Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21.000 Siswa Berebut Kursi Madrasah Aliyah Unggulan di 2022

Kompas.com - 11/01/2023, 20:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) unggulan sudah dibuka.

Seleksi yang dibuka untuk siswa agar bisa mengejar bangku Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC), Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) 2023/2024 yang sudah dibuka.

Baca juga: Tidak Terima Email Aktivasi Akun SNPMB? Coba 3 Cara Ini

Pendaftaran dilakukan secara online, 9 Januari - 14 Februari 2023.

Minat siswa untuk sekolah di madrasah terus meningkat. Terbukti, pada tahun 2022, lebih dari 21 ribu siswa mendaftar SNPDB ini.

Saat itu, pendaftaran dibuka dari 10 Januari - 14 Februari 2022.

"Minat siswa sekolah di madrasah terus meningkat. Pendaftar SNPDB MAN IC, MAN PK, dan MAKN tahun ini kembali naik. Total mencapai 21.858 pendaftar," ucap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Moh. Isom dalam keterangannya, Rabu (11/1/2023).

Isom mengaku, Madrasah Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia.

Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Di samping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya. Tahun 2022, ada 23 MAN IC yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

MAN Program Keagamaan (MAN PK), lanjut Isom, merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

Baca juga: 10 PTN Terbaik Indonesia Versi THE WUR 2023 untuk Referensi SNBP

MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987.

Penekanan MAN PK pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris.

Ada 10 MAN PK yang bisa menjadi pilihan siswa. Siswa baru MAN PK mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orangtua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama.

Selain tes umum, akademik dan potensi akademik, setiap calon siswa MAN PK juga harus mengikuti tes wawancara, baca kitab kuning, dan tes lisan bahasa Arab-Inggris.

Baca juga: 13 PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR, Referensi SNBP 2023

Sementara Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) adalah MAN yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam. Tahun 2017, Kementerian Agama membangun piloting MA Kejuruan Negeri di 2 (dua) lokasi, yaitu Ende (NTT) dan Bolaang Mongondow (Sulut).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com