Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Prodi FKIP USK Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

Kompas.com - 28/12/2022, 21:33 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 8 program studi (Prodi) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (USK) meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Dekan FKIP USK, Dr. Syamsulrizal menyebut, delapan prodi yang meraih akreditasi Unggul meliputi S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 Pendidikan Fisika, dan S1 Pendidikan Geografi.

Baca juga: 18 Perguruan Tinggi Punya Jurusan Ilmu Hukum dengan Akreditasi Unggul

Kemudian ada S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah dan Magister Pendidikan Olahraga, S1 Pendidikan Matematika.

Sedangkan Magister Pendidikan Biologi meraih akreditasi Baik Sekali dari LAMDIK.

"Tahun 2022, kami menyelesaikan tugas akademik yang bermakna, dari 11 prodi yang menjalani proses akreditasi, hanya Prodi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik yang belum keluar nilainya karena baru selesai proses asesmen lapangan oleh LAMDIK, Insya Allah minggu ini hasilnya segera diumumkan," kata dia dalam keterangannya, Rabu (28/12/2022).

Menurut dia, keberhasilan FKIP dalam meraih sejumlah akreditasi unggul, tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari sinergitas SJMF, SP4 dan para ketua prodi, dosen, tendik hingga dukungan penuh dari Rektor.

Strategi yang dilakukan FKIP, sebut dia, bisa mendatangkan manfaat bagi fakultas lainnya di USK bila diterapkan.

Lanjut dia menjelaskan, keberanian dirinya menargetkan akreditasi unggul banyak prodi di FKIP, tidak sekadar asal berani.

Sejak awal, dia telah melihat dan meyakini, bahwa SDM di FKIP USK cemerlang.

Tugasnya adalah mendorong SDM terbaik itu, unggul bergerak, berkreasi dan berinovasi.

"Saya ingin menyampaikan satu hal, bahwa keberhasilan ini bukan karena dekan. Tapi berkat kerja keras dan kebersamaan semua pihak. Tahun 2023, ada lima prodi lagi yang akan menjalani proses akreditasi. Kita berdoa, berusaha, Insya Allah bisa meraih akreditasi unggul," ucap Syamsulrizal.

Pada momen yang sama, dia menyampaikan kabar gembira, menurut informasi yang diterima dari Ditjen Diktiristek, Prodi PPG FKIP USK diberi izin untuk penambahan beberapa bidang studi yang sebelumnya tidak ada, seperti Bidang Studi Bimbingan dan Konseling, Bidang Studi Pendidikan Vokasi Desain Fashion dan Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

"Insya Allah tahun depan sudah melaksanakan semua PPG di semua jurusan. Sedangkan pada Juni 2023, kita sudah bisa menerima mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Program Doktor di FKIP USK. Akreditasi awal telah dilakukan. Dan asesor telah menyampaikan bahwa kita sudah bisa menerima mahasiswa," ujarnya.

Baca juga: 11 Kampus Punya Jurusan Ilmu Komunikasi dengan Nilai Akreditasi Unggul

Rektor USK, Prof. Marwan memberikan apresiasi kepada FKIP atas kerja keras dan keberhasilan meraih akreditasi unggul di banyak prodi atau jurusan.

"Alhamdulillah dan selamat kepada FKIP USK, yang tahun ini bisa meningkatkan akreditasi, mudahan-mudahan menjadi semangat sekaligus motivasi bagi yang belum bisa meraih akreditasi unggul. Sesungguhnya kunci keberhasilan ini ada pada kerja keras, kebersamaan dan semangat," jelas Prof Marwan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com