Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalbis Institute dan Star4hire Jalin Kerja Sama Magang Mahasiswa di Luar Negeri

Kompas.com - 18/12/2022, 14:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kalbis Institute meluncurkan program di mana mahasiswa dapat magang di berbagai hotel seperti Four Seasons Resort and Jackson Hole, Rosewood Mansion on Turtle Creek, baik di Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, maupun beberapa negara Asia.

Program kerja sama antara Kalbis Institute dan Star4hire ini tidak terbatas di industri perhotelan saja karena memungkinkan mahasiswa juga dapat magang di berbagai perusahaan di luar negeri.

Melalui rilis resmi (18/12/2022) Head of International Office Kalbis Institute Natalia Faradheta Putri menjelaskan, pihaknya juga melihat bahwa magang merupakan salah satu strategi dalam mempersiapkan lulusan siap kerja.

Berbasis J1 Visa Cultural Exchange, program ini akan dibuat dalam kurun waktu 6-12 bulan.

"Hal ini juga merupakan sebuah respon dari Program Bapak Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia yang mengingkan adanya program Kampus Merdeka," ungkap Natalia.

Berlandaskan hal tersebut Kalbis Institute berkomitmen memfasilitasi mahasiswanya untuk bisa belajar di luar kampus, dalam hal ini magang selama satu hingga dua semester.

Dalam kesempatan sama, Founder Star4hire, Sapto Priantomo mengatakan, “kita harus dapat memanfaatkan momentum, sehingga makin banyak talenta-talenta Inonesia yang berkarir dan bersaing di level dunia."

"Ini adalah program percepatan karena mahasiswa akan memiliki sebuah career mapping yang jelas mulai dari mendapatkan pendidikan yang berkualitas, mendapatkan pengalaman dan peluang kerja di level internasional," tambahnya. 

Baca juga: Kemendikbud Buka Magang Studi Bersertifikat bagi Mahasiswa D2-S1

Tidak cukup hanya program magang, Kalbis Institute dan Star4hire juga membuka kesempatan untuk lulusan Kalbis bisa bekerja di Australia setelah mereka menyelesaikan program Kampus Merdeka dan studi di Kalbis.

Melalui fasilitas ini Kalbis Institute dan Star4hire optimis siap mewujudkan SDM unggul dan tidak hanya berfokus untuk bekerja di Indonesia, namun juga berwirausaha bahkan bekerja di luar negeri.

“Menurut kami, student international exposure sangatlah penting karena selain sebagai plus point dalam melamar pekerjaan, juga dapat membentuk pribadi yang resilient dan fleksibel," tegas Natalia Faradheta Putri.

Nantinya, mahasiswa yang mengikuti program ini akan dilatih untuk menunjukkan performance dengan standar internasional dan berinteraksi di lingkungan multikultural.

"Sehingga, nantinya lulusan Kalbis memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja di perusahaan multinasional atau bahkan di luar negeri," tutup Natalia Faradheta Putri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com