Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Ukrida 2022, Rektor Ingatkan 3 Hal Penting Hadapi Dunia Kerja

Kompas.com - 18/11/2022, 20:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Ukrida menggelar wisuda secara luring bagi 324 lulusan di Jakarta Barat, Jakarta, pada Jumat, 18 November 2022. Wisudawan terdiri dari 28 wisudawan program Diploma Keperawatan, 237 wisudawan program Sarjana, dan 59 wisudawan program Magister Manajemen.

Wisuda kali ini merupakan wisuda kedua Program Diploma, ke-62 program Sarjana, dan ke-36 program Magister.

Rangkaian acara diawali dengan pembukaan Sidang Terbuka Senat Universitas Kristen Krida Wacana oleh Ketua Senat sekaligus Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi, dilanjutkan dengan ibadah syukur yang dilayani oleh Pdt. Rumenta Santyani Manurung.

Rektor Ukrida, Wani mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat berbahagia kepada seluruh wisudawan beserta keluarga.

Selain itu, dikatakan oleh Rektor Ukrida bahwa ini merupakan momentum yang ditunggu-tunggu, yaitu melepas status sebagai mahasiswa dan menggantikannya dengan status sebagai lulusan yang siap memasuki dunia kerja.

Lebih lanjut Rektor Ukrida mengatakan, belum berlalunya pandemi Covid-19 menjadikan perkuliahan masih belum sepenuhnya dilakukan secara tatap muka. Namun dengan fasilitas Learning Management System (LMS) melalui Ukrida Virtual Class (UVC) memungkinkan proses perkuliahan terlaksana dengan baik.

"Kualitas pembelajaran di Ukrida tetap terjaga dan terkelola dengan baik secara synchronous maupun asynchronous, sehingga mahasiswa dapat berinteraksi secara aktif dengan dosen walaupun secara virtual," tegasnya.

Rektor Ukrida mengungkapkan, masa studi rata-rata yang ditempuh mahasiswa kurang dari empat tahun untuk program sarjana, menunjukkan kualitas pendidikan Ukrida tetap terjaga walaupun pembelajaran dilakukan secara online.

Terdapat tiga hal penting diingatkan Rektor Ukrida untuk mengantisipasi tantangan dunia kerja. Pertama, bersahabat dengan perubahan, khususnya teknologi yang dapat disinergikan dengan profesi dan memanfaatkan big data.

Baca juga: Poltekpar Lombok Gelar Wisuda di Sirkuit Mandalika, Wisudawan Diharapkan Bisa Majukan Pariwisata

Kedua, fokus menjalani profesi dan berdayakan teknologi. Ketiga, berkolaborasi tidak hanya dengan sesama profesi. Menutup sambutannya Rektor Ukrida menggaungkan semangat para wisudawan, yaitu “Pergilah dan Kobarkan Dunia”.

Dalam kesempatan sama, Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana dalam sambutan yang disampaikan Mingke Manovia mengatakan, Ukrida terus mengalami transformasi, baik secara fisik maupun peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

Program studi di setiap fakultas terus disempurnakan, dan jalinan kerjasama Ukrida dengan lembaga-lembaga di dalam dan luar negeri terus ditingkatkan.

"Ukrida telah mentransformasikan kehidupan mereka dengan ilmu dan iman. Proses transformasi ini sangatlah panjang dan dunia pun akan selalu mengalami perubahan secara dinamis. Selain itu, proses belajar tidak akan pernah berhenti sampai akhir hayat'" ujar Mingke.

"Karena itu, para lulusan perguruan tinggi, termasuk lulusan Ukrida, dituntut untuk terus belajar bahkan menciptakan peluang kerja melalui inovasi," lanjutnya.

Kepala LLDikti Wilayah III Paristiyanti Nurwardani menyampaikan pesan, “untuk membentuk SDM yang unggul, saya berpesan kepada para wisudawan agar terus mengembangkan softskill dan hardskill, serta perbanyak literasi teknologi di era digital ini."

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com