Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Masuk 100 Kampus Terbaik Asia Versi QS AUR 2023

Kompas.com - 10/11/2022, 17:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Airlangga (Unair) semakin nampak pada peta dunia.

Hal itulah yang ditegaskan Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih saat kampus dirinya pipin sejak 2015 terus menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Baca juga: Ini Jadwal Libur Sekolah Akhir 2022 untuk Siswa SD-SMA, Catat Ya!

Pertengahan Juni 2022, Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) menempatkan Unair pada posisi 369 kampus terbaik dunia.

Selanjutnya, lembaga pemeringkatan bergengsi yang berkedudukan di Inggris itu, kembali menempatkan Unair pada posisi 81 kampus terbaik di Asia versi QS AUR 2023.

"Syukur, Alhamdulillah kabar membanggakan kembali kita terima. Unair masuk pada jajaran 100 kampus terbaik Asia. Tepatnya di posisi 81," kata dia dalam keterangannya, Kamis (10/11/2022).

Dari posisi 81 kampus terbaik di level Asia, pada level Indonesia Unair berada posisi terbaik keempat menyusul Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Lalu ada Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kolaborasi dan hadiah Dies Natalis Unair

Menurut dia, upaya untuk masuk menjadi jajaran kampus terbaik dunia merupakan ikhtiar bersama untuk menciptakan iklim pendidikan yang berkualitas.

Dari ikhtiar dan kolaborasi yang solid seluruh civitas akademika Unair, capaian-capaian membanggakan bisa dirasakan.

Baca juga: Sosok Maerel, Lulusan S1 Undip yang Raih IPK Cumlaude 3,92

"Untuk mencapai posisi terbaik 81 Asia ini, tentu diperlukan kolaborasi dan kerja sama yang solid antar civitas. Capaian ini juga tidak lepas dari doa rekan-rekan semua," jelas Prof. Nasih

Selanjutnya, pengumuman QS AUR 2023 yang menempatkan posisi Unair pada posisi 81 kampus terbaik itu menjadi kado terindah 68 tahun Unair.

Pasalnya, informasi tersebut diumumkan tepat sehari sebelum Unair memperingati puncak Dies Natalis ke-68.

Baca juga: 5 Negara Paling Bahagia dan Rekomendasi Beasiswa untuk S1-S3

"Tentu capaian ini juga menjadi kado spesial peringatan 68 tahun Unair," tukas Prof. Nasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com