Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Farmasi Unair Kasih 3 Tips Pilih Obat Aman untuk Anak

Kompas.com - 04/11/2022, 14:39 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Obat-obatan sirup untuk anak tengah jadi sorotan khalayak luas, karena tingginya kasus kematikan sejumlah anak akibat gagal ginjal akut.

Di tengah maraknya kasus tersebut, Pakar Farmasi Unair, Prof. Junaidi Khotib memberikan beberapa tips dalam memilih obat aman untuk anak.

Baca juga: Sosok Vinka, Mahasiswa ITB Lulus dengan IPK Tertinggi 3,98

Berikut tiga tips memilih obat aman untuk anak yang bisa digunakan orangtua.

1. Ikuti informasi resmi pemerintah

Seiring dengan maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak, masyarakat dituntut untuk lebih selektif dalam memilih obat yang aman.

Prof. Junaidi mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti informasi dan sumber resmi dari pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Masyarakat harus ikuti informasi dan sumber resmi pemerintah, karena yang tahu dan berwenang dalam menentukan hold, penundaan, atau penarikan obat mengandung etilen glikol dan dietilen glikol dari pemerintah. Terlebih lagi sudah ada listing atau daftar obat-obat yang ditarik, sehingga masyarakat bisa mengacu ke sana," ujar dia dalam laman Unair, Jumat (4/11/2022).

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak serta merta menelan mentah-mentah informasi terkait obat-obatan di media sosial (medsos).

Pasalnya, medsos kerap kali menjadi sumber informasi yang tidak benar (hoaks).

Baca juga: Kisah Lulusan UM Surabaya Pernah Jadi Ojol dan Punya Bisnis Miliaran Rupiah

"Masalahnya, masyarakat sering ambil informasi di media sosial yang mana semua orang bisa memasukkan dan menyebarkan info di sana, sehingga masyarakat harus lebih bijak dalam memperoleh informasi dan sumber terkait obat-obatan itu tadi," jelas dia.

2. Beralih ke jenis obat yang lain

Prof. Junaidi mengingatkan, selain bentuk sirup, terdapat bentuk sediaan obat lain yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak.

Salah satu bentuk sediaan obat tersebut ialah puyer.

Beralih bentuk sediaan obat, bilang dia, bisa menjadi salah satu opsi aman dalam memilih obat untuk anak.

"Kedua, tentu tidak satu-satunya sirup itu bentuk sediaan yang bisa diberikan pada anak. Ada bentuk sediaan lain, misalnya puyer, itu juga bisa digunakan," ucap dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com