Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil SMAN 2 Kota Tangerang Selatan, SMA Negeri Terbaik di Tangsel

Kompas.com - 29/09/2022, 06:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah sekolah di Tangerang dan Tangerang Selatan masuk dalam pemeringkatan sekolah terbaik berdasarkan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 tertinggi versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dari daftar yang dikeluarkan pada Jumat (26/8/2022), SMA Negeri (SMAN) 2 Kota Tangerang Selatan berhasil menyabet SMA Negeri terbaik di Tangerang dan Tangerang Selatan berdasarkan nilai UTBK 2022.

Melansir laman resmi sekolah, SMAN 2 Kota Tangerang Selatan berdiri pada 1986 sebagai Kelas Filial dari SMA Negeri 1 Kota Tangerang (SK Mendikbud No. 887/O/29/1986) dengan nama SMA Negeri 1 Serpong. Kemudian pada 8 September 2004, berubah nama menjadi SMAN 1 Cisauk.

Baca juga: Profil SMA Kolese De Britto: SMA Swasta Terbaik di DIY, Siswa Bisa Gondrong

Dengan adanya pemekaran wilayah, maka sejak 25 Mei 2009 berubah nama lagi menjadi SMAN 2 Kota Tangerang Selatan hingga saat ini.

4 prinsip siapkan lulusan yang mampu bersaing di era global

SMAN 2 Kota Tangerang Selatan dikenal juga dengan sebutan Moonzher (MZR). Sekolah ini beralamat di Jalan Raya Serpong Puspiptek, Muncul, Setu, Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kata Moonzher berasal dari nama lokasi sekolah yang berada di walayah Muncul (Moon) Serpong (Zher).

Istilah Moonzher muncul pada awal-awal sekolah berdiri dan terus digunakan meskipun nama sekolah beberapa kali berubah karena faktor pengembangan wilayah geografis kepemerintahan.

Sekolah tersebut memiliki visi "mewujudkan Insan berkualitas yang berakhlak mulia dan menguasai Iptek yang berbudaya lingkungan serta mampu bersaing di era global".

Baca juga: Profil SMAIT Nurul Fikri, Sekolah Terbaik di Depok dengan Kurikulum Islam

Hal tersebut diwujudkan dalam berbagai upaya, khususnya empat prinsip yang dipegang oleh sekolah yakni:

1. Berinovasi (Innovation), yakni melaksanakan inovasi untuk menciptakan sekolah yang menjadi central for exellence.

2. Berkualitas (Qualified), yakni melaksanakan prinsip-prinsip yang mengutamakan kualitas pelayanan terhadap siswa dan masyarakat.

3. Religius (Religious), yakni melaksanakan pendidikan karakter dengan menanamkan nilai-nilai pada setiap mata pelajaran.

4. Prestasi (Achievement), yakni memberikan penghargaan atas setiap pencapaian prestasi baik siswa, guru maupun warga sekolah

Terpilih sebagai SMA Rujukan

Pada 2016, sekolah yang memiliki akreditasi A tersebut mendapatkan anugerah sebagai SMA Rujukan di Kota Tangerang Selatan. Sekolah rujukan artinya sekolah yang telah berhasil memenuhi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan menjadi favorit masyarakat setempat.

Baca juga: Mengenal SMAN 8 Jakarta, Sekolah Terbaik ke-1 di Jakarta

Selain itu, SMA Rujukan merupakan program peningkatan mutu pendidikan berbasis wilayah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) yang diintegrasikan dengan program pembinaan lainnya dari Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.

Hal tersebut diraih karena prestasi akademik dan nonakademik, program sekolah yang inovatif, dan praktek-praktek baik yang nampak di sekolah.

Prestasi akademik dan non-akademik

Siswa/i ketika kompetisi Olahraga Siswa Nasional Tahun 2022 tingkat SMA se-Kota tangerang SelatanDok: SMAN 2 Kota Tangerang Selatan Siswa/i ketika kompetisi Olahraga Siswa Nasional Tahun 2022 tingkat SMA se-Kota tangerang Selatan

SMAN 2 Kota Tangerang Selatan tiada hentinya mendulang prestasi dalam berbagai kompetisi. Beberapa prestasi akademik dan non-akademik yang diraih yakni:

1. Juara II Speech Competition di ALSA National English Competition ke-26 pada 2022 yang diselenggarakan oleh Asian Law Students' Association (ALSA) Local Chapter Universitas Indonesia.

2. Delapan siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan lolos sebagai pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi pada 2022

3. Dua siswi SMAN 2 Kota Tangerang Selatan berhasil meraih juara 2 desain poster dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Banten 2022

4. Satu siswi lolos mewakili Provinsi Banten pada acara National Schools Debating Championship (NSDC) 2022

5. 13 orang siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan berhasil lolos dalam Olimpiade Sains nasional (OSN) ke tingkat Provinsi pada 2022

6. Satu siswi berhasil meraih juara 3 dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tingkat SMA Tingkat Provinsi Banten tahun 2022

7. Mendapat lima medali pada Ajang Festival & Lomba seni Siswa (FLS2N) tingkat Kota Tangerang Selatan pada 2022

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com