Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Menarik Minat Generasi Muda dengan #NFTuntukEdukasi

Kompas.com - 15/09/2022, 18:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Non-fungible Token atau NFT menjadi primadona dalam dunia teknologi berbasis blockchain dan sekaligus menjadi angin segar bagi seniman dalam berkarya. NFT sendiri merupakan aset digital yang nilainya tidak dapat ditukar.

Bentuk NFT pun beragam, mulai ilustrasi 3D, animasi, musik, dan artikel, aset yang sebagian besar diperdagangkan menggunakan cryptocurrency ini juga dapat digunakan untuk bisnis dan juga industri hiburan untuk tujuan koleksi dan juga game berbasis NFT.

Bahkan, Kognisi.id pun akan meluncurkan sebuah NFT project yang berfokus kepada pemerataan edukasi yang dinamakan Kogi.NFT, loh

Melihat peluang besar yang diberikan NFT, Kognisi.id by Kompas Gramedia dan Growth Center menghadirkan gerakan #NFTuntukEdukasi yang terealisasi dalam sesi edukatif bersama Harian Kompas dan Netra.

Bentuk NFT berupa artikel dijelaskan secara mendalam pada acara "Serba Serbi NFT: Reliving History Through New Technology" bersama Helman Taofani selaku Commercial Development Harian Kompas yang digelar di Distrik Seni Sarinah, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Acara Serba Serbi NFT: Reliving History Through New Technology bersama Harian Kompas.Growth Center Acara Serba Serbi NFT: Reliving History Through New Technology bersama Harian Kompas.

 

Harian Kompas dengan proyeknya yang berjudul Narasi Fakta Terkurasi merupakan satu contoh surat kabar terkemuka di Indonesia yang pertama kali memiliki NFT di jaringan ethereum.

Baca juga: Kognisi.id Hadirkan Edukasi Digital Berbasis NFT dengan Program KogiVerse

NFT yang terdiri dari 57 arsip halaman muka (cover) rangkaian peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia selama surat kabar ini berdiri (1965–2022) merupakan rilisan tematis terbatas yang mengikuti ekshibisi konten dan juga rilisan rutin yang dilepas bersama terbitan koran secara periodik.

Narasi Fakta Terkurasi by Harian Kompas bisa Anda beli untuk dijadikan koleksi melalui situs OpenSea.

Tidak hanya itu, Kogi.NFT x Distrik Seni Sarinah juga menghadirkan acara bertajuk “Serba Serbi NFT: Welcome to the Future!” yang menghadirkan Founder Kogi.NFT Diptraya P. Ratulangi dan Co-Founder & Chief Operational Officer Netra Bryan Blanc.

Acara Serba Serbi NFT: Welcome to the Future! bersama NetraGrowth Center Acara Serba Serbi NFT: Welcome to the Future! bersama Netra

Acara yang digelar pada Sabtu, 22 Juli 2022 lalu di Distrik Seni Sarinah ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk memperdalam pengetahuan tentang konsep NFT dan juga peluang-peluang yang diberikannya.

Salah satu peluang yang terbuka untuk bisa dieksplorasi adalah NFT dalam bentuk musik, hal ini seolah menjadi angin segar bagi para musisi untuk bisa terus melahirkan karya-karya yang luar biasa.

Rangkaian acara yang dihadirkan oleh Kogi.NFT bersama Distrik Seni Sarinah disambut dengan antusias yang tinggi oleh peserta dan diharapkan dapat menjadi pintu masuk bagi gerakan #NFTuntukEdukasi lainnya di kesempatan mendatang. Wah, menarik ya!

NFT untuk Edukasi

Meski memiliki popularitas yang tinggi di media sosial, nyatanya tidak semua orang memahami NFT dan menggunakan peluang yang tersedia secara maksimal.

Padahal, NFT memiliki keunggulan seperti keaslian dan keunikan karya yang terjamin, serta kepemilikan yang sah. Hal-hal tersebut membuat karya NFT menjadi barang langka sekaligus eksklusif bernilai tinggi yang dapat dimiliki seseorang.

Bertujuan agar anak muda mendapatkan fasilitas memadai dan ilmu pengetahuan yang menarik minat mereka, gerakan #NFTuntukEdukasi ini hadir dalam rangkaian acara yang dihadiri para profesional di bidangnya.

Dengan demikian, acara yang diinisiasi oleh Kognisi.id dan didorong oleh Kogi.NFT ini bisa membentuk generasi muda yang mampu menghadapi kemajuan teknologi NFT seperti blockchain dan Web3 dan memiliki peluang yang lebih besar di bidang digital.

Perluas Wawasan Anda dengan Mengikuti Gerakan #NFTuntukEdukasi

Yuk ikut ambil bagian dalam gerakan #NFTuntukEdukasi agar kita semua dapat membantu generasi muda memperluas wawasannya melalui teknologi digital melalui Kogi.NFT bersama dengan Kognisi.id by Kompas Gramedia.

Jangan sampai ketinggalan update dari program #NFTuntukEdukasi yang diselenggarakan Kogi.NFT di waktu yang akan datang dengan mengikuti akun media sosial Instagram @kogi.nft @kognisikg, Twitter @kogi_nft @kognisikg, dan YouTube KognisiKG. Sampai jumpa!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com